Bekasi Siapkan Puluhan Bus untuk Mudik Gratis ke Jawa Tengah

Kamis, 01 Juni 2017 - 22:25 WIB
Bekasi Siapkan Puluhan...
Bekasi Siapkan Puluhan Bus untuk Mudik Gratis ke Jawa Tengah
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan mudik gratis untuk masyarakat yang hendak merayakan Lebaran di kampung halamannya. Sebanyak 54 bus sebagai angkutan mudik 2017 disiapkan untuk mengangkut masyarakat yang akan melaksanakan mudik tahun ini ke berbagai wilayah di Jawa Tengah.

"Pendaftaranya sudah kami buka, bus yang disiapkan akan membawa warga Bekasi mudik secara gratis ke tempat tujuanya di wilayah Jawa Tengah," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Yayan Yuliana kepada KORAN SINDO, Kamis (1/6/2017).

Tahun ini, kata dia, Kota Bekasi menyiapkan 12 bus, 30 armada bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, dan 12 armada bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Masing-masing bus mempunyai kapasitas 50 penumpang dengan tujuan akhir Solo dan Yogyakarta.

Menurut dia, pendaftar mudik gratis sejauh ini cukup antusias sejak dibuka pada awal pekan ini. Dari kuota yang ada, hampir sekitar 70% sudah penuh. Sampai sekarang, belum ada informasi mengenai penambahan jumlah armada mudik gratis dan diberangkatkan H-7 Lebaran.

Yayan mengatakan, program mudik gratis ini sebagai upaya menekan penggunaan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor saat pelaksanaan mudik. Sebab, untuk mengurangi mudik sepeda motor yang cukup rawan kecelakaan di jalanan.

Kabid Angkutan dan Sarana, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Fathikun menambahkan, mudik gratis yang diselenggarakan Bekasi, Jawa Barat, dan Kementrian Perhubungan ini menyediakan 2.000 kuota.”Kuota sudah terisi 75%, sisanya 500 kursi lagi,” tambahnya.

Untuk pemberangkatanya, kata dia, akan dibagi 3 kloter di wilayah Kota Bekasi. Pada 17 dan 19 Juni akan diberangkan dari wilayah Summarecon Bekasi, dan 22 Juni diberangkatkan dari Ancol dengan tujuan Jawa Tengah seperto Yogyakarta dan Solo. "Kami sediakan snack dan kaus," katanya.

Anggota Komisi II, DPRD Kota Bekasi, Wasimin meminta pemerintah daerah melayani pemudik dengan baik. Bagaimana pun juga, pemudik tersebut merupakan warga Bekasi. "Meski mereka pendatang, mereka sekarang warga Bekasi yang membayar pajak," tegasnya.

Wasimin mengatakan pemerintah harus terus menyosialisasikan mudik gratis tersebut. Pasalnya. kuota kursi yang tersedia jangan sampai kosong ketika waktu pemberangkatan. "Dinas perhubungan harus aktif sosialisi, karena mudik gratis menekan angka kecelakaan," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9737 seconds (0.1#10.140)