Pencemaran Laut di Pantai Utara DKI Sangat Mengkhawatirkan

Rabu, 03 Mei 2017 - 10:13 WIB
Pencemaran Laut di Pantai Utara DKI Sangat Mengkhawatirkan
Pencemaran Laut di Pantai Utara DKI Sangat Mengkhawatirkan
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menilai, tingkat ketercemaran laut di pantai utara DKI Jakarta tergolong berat. Hasil pengamatan di beberapa titik, masih dijumpai sampah yang mengapung di permukaan laut. Bahkan, warna air laut pun sangat keruh dan kotor.

"Kita dapat membayangkan, betapa besarnya tantangan yang dihadapi Indonesia dalam pengelolaan sampah dan air. Kondisinya sudah sangat memprihatinkan," kata Menteri LHK, Siti Nurbaya disela-sela kunjungan ke pantai utara Jakarta bersama Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark, Ms Ulla Tørnæs, Rabu (3/5/2017).

Menurut Siti, berdasarkan data nasional dan profil dasar limbah padat, produksi sampah di Indonesia saat ini mencapai 64 juta ton per tahun. Tahun 2025, pemerintah menargetkan pengurangan sampah sebesar 30% atau 20,9 juta ton/tahun. Sedangkan target penanganan sampah sebesar 70% atau 49, 9 juta ton/tahun.

Komposisi sampah di Indonesia terbagi menjadi organik 60%, plastik 15%, kertas 10%, dan lainnya (metal, kaca, kain, kulit) 15%. Dengan kondisi tersebut, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan energi dari sektor sampah.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)