Lift Jatuh, Anies Minta Fasilitas Publik Diaudit Secara Reguler

Sabtu, 18 Maret 2017 - 09:00 WIB
Lift Jatuh, Anies Minta Fasilitas Publik Diaudit Secara Reguler
Lift Jatuh, Anies Minta Fasilitas Publik Diaudit Secara Reguler
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta pengelola gedung yang memiliki fasilitas lift melalukan audit secara reguler. Hal itu guna mengantisipasi insiden lift jatuh seperti di Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan kemarin.

"Kalau ada audit secara reguler, maka potensi masalah diketahui sebelum menjadi masalah. Itu saya sampaikan mulai dari jembatan penyeberangan, lift atau eskalator semuanya yang menyangkut keselamatan saya imbau seperti itu," kata Anies usai menghadiri Tausiah untuk Negeri di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2017.

Menurut Inisiator Indonesia Mengajar ini, pengelola harus bisa bertanggung jawab kepada puluhan korban lift jatuh itu.

"M‎udah mudah ada over restnya, dan tanggung jawabnya harus ditunaikan. Ini saya mau ke sana (RSPP)," jelasnya.

Insiden lepasnya tali lift pada Jumat siang kemarin, diduga tali lift lepas dikarenakan overload dan kurangnya perawatan dari pihak pengelola mal. Puluhan korban luka-luka dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Sekadar diketahui, Anies juga nyaris menjadi korban lift jatuh di Blok M Square itu. Tapi, Anies lebih memilih permintaan masyarakat yang ingin berfoto dengannya. Kemudian, dia mengaku sempat diarahkan turun lewat lift. Namun, lift tersebut sudah penuh dan dirinya lebih memilih turun lewat eskalator.

"Saya memang diarahkan ke lift, tapi waktu itu penuh. Kemudian kita memilih turun lewat eskalator. Saya dan beberapa orang takmir kemudian turun melalui eskalator. Eskalator itu lebih panjang karena dari lantai 7, mutar terus ke bawah," jelasnya kepada SINDOnews. (Baca: Hampir Jadi Korban, Ini Kesaksian Anies Baswedan Soal Lift Jatuh )
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7625 seconds (0.1#10.140)