Datangi Taklim Bilalusalam, Anies Ingatkan Warga Soal Mendidik Anak

Kamis, 23 Februari 2017 - 00:05 WIB
Datangi Taklim Bilalusalam,...
Datangi Taklim Bilalusalam, Anies Ingatkan Warga Soal Mendidik Anak
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melakukan silaturahmi ke Majelis Taklim Bilalusalam di Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Acara yang dihadiri oleh ratusan jamaah ibu-ibu majelis taklim.

Anies mengingatkan, agar ibu-ibu bisa mendidik putra putrinya dengan baik. Karena, kata dia, pembentukan pribadi semua berawal dari rumah, yakni keluarga.

"Kita ingin anak kita sekolah dengan baik. Ingin anak-anak tumbuh dalam suasana yang kondusif untuk menumbuhkan akhlaknya," kata Anies dalam sambutannya di lokasi, Rabu (22/2/2017).

Anies mengibaratkan mengasuh anak seperti menanam bibit pohon mangga. Jika benar menanam, maka buahnya pun akan enak dan baik.

"Anak-anak pun seperti itu. Mendidik di rumah, sekolah dan lingkungan. Kalau kita mendidik dengan benar, anak akan tumbuh dengan baik. Mari kita tumbuhkan akhlak di rumah," ujar Anies.

Saat ini, kata Anies, mengajarkan anak dari lisan saja tidak cukup. Mengajarkan anak dengan memberi contoh karakter dan kebiasaan yang baik.

"Jujur dan sopan itu kebiasaan. Jadi kalau ingin membangun akhlak, dimulai dari kebiasaan. Kebiasaan dimulai dari rumah," jelasnya.

Anies mengatakan, pribadi dengan karakter dan akhlak yang baik akan menjadikan anak-anak sebagai sosok yang baik. Anak akan menjadi generasi masa depan yang berkualitas dengan moral dan spriritual.

Anies menuturkan, jika pola asuh di keluarga salah, akan berakibat buruk untuk pembentukan pribadi anak di masa depan. Seperti contoh orang tua yang melanggar peraturan lalu lintas dan dilihat oleh anak saat ia menyelipkan sesuatu kepada petugas. "Itu akan mencontohkan kebiasaan yang buruk," katanya.

Anies mengatakan, hal itu juga berlaku untuk figur seorang pemimpin. Pemimpin harus memberi contoh yang baik kepada warganya. Kebiasaan pemimpin akan menjadi contoh dan contoh itu akan menular.

"Kebiasaan memarahi akan menular. Kalau bapak dan ibu memberi contoh kebiasaan yang tidak baik, itu akan menular," tutur Anies.

Anies melanjutkan, jika ia terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta, ia akan mengajak orang tua untuk belajar di unit pendidikan keluarga. Saat ini masyarakat luas hanya mengetahui belajar adalah tugas anak.

"Orang tua perlu. Kami ingin supaya orang tua ikut perkembangan zaman dan memberi pelajaran yang baik di rumah," kata Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)