Polisi Gerebek Penampungan TKI Ilegal di Perumahan Elite

Selasa, 17 Januari 2017 - 22:40 WIB
Polisi Gerebek Penampungan...
Polisi Gerebek Penampungan TKI Ilegal di Perumahan Elite
A A A
BOGOR - Petugas Polres Bogor menggerebek rumah mewah di perumahan elite Kota Wisata, Cluster Pesona Paris, Blok C3/9, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Rumah cat putih berlantai dua itu selama ini diduga sering dijadikan sebagai tempat penampungan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hendak dikirim ke Arab Saudi.

"Kami bersama petugas pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor melakukan penggerebekan di salah satu rumah di perumahan Kota Wisata, setelah petugas menerima laporan bahwa rumah tersebut sering keluar masuk sejumlah wanita yang diduga calon TKI," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Bimantoro, Selasa (17/1/2017).

Menurut Bimantoro, penggerebekan dilakukan pada Senin, 16 Januari 2017 malam. Dari lokasi penggerebekan petugas mengamankan tiga orang, yakni AG (39) pria warga Kampung Dusun Karang, Desa Sukra, Indramayu, (perekrut); IR (31) warga Kampung Lembur Gede, Desa Gunung Halu, Bandung Barat dan SN (41) warga Kampung Batu Kasur, Desa Tanjung Sari, Kabupaten Garut (dua wanita calon TKI ilegal)

Kanit Reskrim Polsek Gunung Putri Ipda Imam Junaedi menambahkan, polisi juga menyita kasur, karpet beserta dokumen-dokumen keimigrasian yang diragukan keasliannya sebagai barang bukti.

Dihadapan petugas AG mengaku hanya sebagai calo dan dibayar oleh agen TKI sebesar Rp3 juta per orang, apabila berhasil merekrut masyarakat yang bersedia bekerja di Arab Saudi. "Saya mengontrak di rumah itu sama anak istri. Sekaligus dijadikan penampungan calon TKI ke Arab Saudi," kata AG di Mapolsek Gunung Putri.

AG menuturkan, mengaku telah menjalankan bisnis ini selama enam bulan dengan mencari orang ke pelosok yang mau diberangkatkan ke Arab Saudi. "Selama enam bulan ini, ia telah memberangkatkan 16 orang yang sebagian besar wanita ke luar negeri menggunakan visa turis," tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0722 seconds (0.1#10.140)