Anies-Sandi Akan Bangun Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional

Jum'at, 18 November 2016 - 01:04 WIB
Anies-Sandi Akan Bangun Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional
Anies-Sandi Akan Bangun Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional
A A A
JAKARTA - Tiga pasangan Calon Gubernur (cagub)- wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta 2017 tetap berkampanye tawarkan program. Berbeda dari kampanye-kampanye sebelumnya, pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pun berada dalam satu panggung yang sama untuk menawarkan programnya.

Tak hanya menyampaikan visi-misi dan mendengarkan aspirasi warga, Anies-Sandi kemarin bermain futsal bersama tim dan wartawan di Gelanggang olahraga Jalan Penggilingan no. 22, Cakung, Jakarta Timur.

Dipenuhi peluh setelah berolahraga, pasangan ini kemudian membuka kesempatan kepada warga untuk menyampaikan aspirasinya. Salah satunya Zaki yang berasal dari Jakmania, kelompok suporter untuk tim sepak bola Persija. Mereka mengeluhkan ketiadaan stadion provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Sandi telah merencanakan desain stadion khusus untuk DKI Jakarta. Dengan warna jingga khas persija, stadion ini didesain khusus oleh arsitek Rizeki Raharjo dari relawan Anies-Sandi.

"Kami sudah memikirkan hal itu. Bertepatan dengan pertandingan futsal ini, kami akan launchinh program kita yang merupakan rencana kerja, bukan janji. Kita akan bangun stadion buat Persija yang bertaraf internasional. Sudah ada lahannya dan sudah ada investornya. Mudah-mudahan dengan adanya stadion ini, Persija bisa berjaya lagi", kata Sandiaga di lokasi, Kamis (17/11/2016).

Sandiaga menjelaskan, program Stadion Untuk Persija itu memang ditujukan untuk meningkatkan dunia sepakbola Jakarta. Terlebih saat ini Jakartta tidak memiliki Stadion pasca dihancurkannya Stadion Lebak Bulus untuk pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dan Stadion Persija di Menteng yang dirobohkan di era Gubernur Fauzi Bowo yang sekarang menjadi Taman Menteng.

Mantan Pengusaha muda sukses itu menyebutkan, Stadion yan akan dibangun di Jakarta itu akan memiliki luas 500.000 meter persegi dan memiliki berbagai fasilitas yang mendukung berbagai kegiatan olahraga, seperti asrama atlet, jalur atletik, lapangan kecil indoor, dan akses untuk penyandang disabilitas.

Selain itu, stadion berkapasitas maksimal 85.000 penonton ini juga dilengkapi dengan museum sepak bola Jakarta serta monumen patung legenda sepakbola Jakarta.

"Kami menggunakan tolok ukur Gelora Bung Karno, Jakarta; Syah Alam, Kuala Lumpur; dan Allianz Arena, Jerman. rumputnya akan sama dengan Old Trafford, kandang Manchester United. Tempat duduk juga akan meniru kandang dari Bayern Munich. Pokoknya ini menjadi stadion paling modern di Asia Tenggara," ungkapnya.

Cagub Anies menambahkan, pembangunan stadion ini memang sudah direncanakan dan masuk dalam salah satu program dari 23 program yang akan dilakukan bila dirinya bersama Sandiaga terpilih sebagai pemimpin DKI 2017-2022. Bahkan, dia menyatakan akan menyelenggarakan festival olahraga dan kesenian Jakarta sepanjang tahun dengan tujuan untuk mengembangkan pembinaan olahraga dan kesenian berbasis komunitas di Jakarta.

"Guna mendukung janji kerja tersebut kami bertekad membangun Stadion untuk Jakarta. Kami berharap Stadion ini akan menjadi simpul penumbuh kebahagiaan. Simpul untuk kegiatan olahraga. Stadion ini adalah stadion bersama, mari kita bangun bersama dan rawat bersama," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)