Kunjungi Pasar Rawa Belong, Anies Tertarik Gelar Festival Bunga di Jakarta

Rabu, 02 November 2016 - 16:34 WIB
Kunjungi Pasar Rawa Belong, Anies Tertarik Gelar Festival Bunga di Jakarta
Kunjungi Pasar Rawa Belong, Anies Tertarik Gelar Festival Bunga di Jakarta
A A A
JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini berkunjung ke Pasar Kembang, Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Anies pun berjanji akan menggelar festival bunga di Ibu Kota bila terpilih dalam Pilgub 2017.

"Saya punya usulan menarik dari masyarakat kegiatan yang bersangkutan dengan bunga. Usulannya hari bunga, festival bunga. Ini bagian dari kehidupan kita, kita di kota besar enggak semua bisa tanam bunga. Tapi kehadiran bunga punya makna dan peran penting dalam kebudataan kita," kata Anies di Pasar Kembang, Rabu (2/11/2016).

Dengan adanya festival bunga maka menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kreatifitas serta terbuka lapangan pekerjaan baru.

"Makanya kita membangun Jakarta dengan memberikan ruang ekspresi budaya dan seni. Bunga adalah komponen penting yang pasarnya harus dihidupkan dan diperluas," paparnya.

Setelah berkeliling dan berbicara dengan para pedagang bunga, Anies berjanji akan memutus rantai distribusi bunga yang panjang dan memakan banyak biaya.

"Ada jalur distribusi untuk pasar bunga ini menarik di satu sisi dari pengguna rumah tangga dan warga, kantor bisa juga," paparnya.

Menurut Anies, adanya sistem jual beli online tak lantas membuat pasar kembang sepi. "Di tempat ini sebenarnya lebih merupakan pasar tempat para perangkai bunga jual beli, jarang keluarga beli ke sini, yang beli itu perangkai," jelasnya.

Menurut Anies jual beli online bunga nantinya akan membuat jalur distribusi semakin pendek dan kualitas bunga yang sampai ke konsumen juga bagus.

"Mereka punya waktu pendek antara datangnya bunga dengan masa bunga itu dijual karena itu pemerintah harus menggalakkan permintaan datangnya bunga. Sehingga suplai bunga ke Jakarta lebih cepat," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)