Anies Sebut Kawasan Glodok Cermin Keberagaman

Minggu, 23 Oktober 2016 - 15:20 WIB
Anies Sebut Kawasan Glodok Cermin Keberagaman
Anies Sebut Kawasan Glodok Cermin Keberagaman
A A A
JAKARTA - Bakal cagub DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Kawasan Glodok, Jakarta Barat, merupakan wilayah cerminan kebhinnekaan di Ibu Kota. Pasalnya, di Glodok terdapat sejumlah rumah ibadah yang memiliki nilai sejarah.

Anies Baswedan mengatakan, salah satu cermin keberagamaan di Ibu Kota ialah Glodok. Nama Glodok tidak lah asing, wilayah ini adalah salah satu bagian dari kota lama Jakarta.

Pada masa Hindia Belanda dikenal sebagai Pecinan terbesar di Batavia. Mayoritas warga Glodok merupakan keturunan Tionghoa. Saat ini dikenal sebagai salah satu sentra penjualan elektronik di Jakarta, Indonesia.

“Glodok dapat dikatakan cermin kebhinnekaan. Terdapat beberapa rumah ibadah yang memiliki nilai sejarah, seperti, Gereja Santa Maria de Fatima, Klenteng Kim Tek Ie, dan Klenteng Toa Se Bio,” kata Anies kepada wartawan, Minggu (23/10/2016).

Anies menuturkan, sebagai Ibu Kota negara pembangunan Jakarta ke depan haruslah mampu menggerakkan berbagai elemen masyarakat dalam gerakan maju bersama. Menghargai dan menghormati berbagai perbedaan yang ada serta cermin keberagamaan yang mampu menghormati berbagai bentuk perbedaan itu sepatutnya tergambarkan dalam pelaksanaan Pilgub DKI.

Oleh karena itu, pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta harus mampu menampilkan contoh yang baik kontestasi dalam keberagaman demi kemajuan bersama warga Jakarta. “15 Februari 2017 mendatang bukanlah kita memilih Agus, Basuki, atau Anies. Tapi, 15 Februari itu adalah hari yang menentukan bagaimana warga ingin melihat Jakarta berubah lima tahun ke depan,” kata Anies di Pasar Glodok.

Anies menambahkan, Jakarta merupakan jarum dalam tenun kebangsaan. Membangun Jakarta tidak boleh abai dengan kesenjangan dan potensi perpecahan. Pembangunan harus berjalan sebagai gerakan, maju, rukun dan aman bersama.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6893 seconds (0.1#10.140)