Jaksa Permasalahkan Perangkat Milik Ahli Digital Forensik

Kamis, 15 September 2016 - 16:03 WIB
Jaksa Permasalahkan Perangkat Milik Ahli Digital Forensik
Jaksa Permasalahkan Perangkat Milik Ahli Digital Forensik
A A A
JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) permasalahkan sejumlah perangkat yang dimiliki ahli digital forensik Rismon Hasiholan Sianipar yang memberikan keterangan dalam sidang kopi sianida ke 21.

"Antara laptop, software maupun hardware harus tersertifikasi," kata JPU dalam persidangan pada Rismon di Penadilan negeri Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016).

Hal tersebut langsung ditanggapi, oleh kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan. Otto merasa hal seperti itu tidak perlu dipermasalahkan. "Ini kan yang diungkap kebenaran. Kenapa takut sih?" kata Otto.

Perdebatan pun terjadi antara keduanya soal Rismon yang akan melakukan presentasi atas CCTV Kafe Olivier saat Wayan Mirna Salihin menyeruput es kopi Vietnam dan kolaps tak lama usai hal tersebut.

Akhirnya, Hakim Ketua Kisworo mengatakan kalau presentasi CCTV Kafe Olivier yang akan dilakukan Rismon akan dimulai tapi menunggu ahli yang sebelumnya sudah pernah dihadirkan.

Akhirnya pihak Jessica memilih menganalisa video CCTV Kafe Olivier yang didapat dari tiga stasiun televisi swasta.

"Beban pembuktian ada di JPU. Dan barang bukti yang ada di JPU. Sehingga untuk menjaga keaslian supaya tidak berubah akan kita datangkan dulu ahli digital forensi dari jaksa. Sehingga apabila terjadi penyimpangan ada kontrol. Demikian ketetapan majelis," tegas Hakim Ketua Kisworo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5829 seconds (0.1#10.140)