Komunitas Anak Kali Ciliwung Ajak Warga Jelajah Kota Tua

Senin, 18 Juli 2016 - 01:40 WIB
Komunitas Anak Kali Ciliwung Ajak Warga Jelajah Kota Tua
Komunitas Anak Kali Ciliwung Ajak Warga Jelajah Kota Tua
A A A
JAKARTA - Komunitas Anak Kali Ciliwung menggelar acara diskusi, pameran dan jelajah kawasan Kota Tua. Para peserta diajak berdiskusi dan melihat sejarah Kota Tua pada tempo dulu.

Jelajah kawasan Kota Tua ini dilakukan di beberapa wilayah antara lain di Jalan Lodan, Jalan Tongkol dan Jalan Krapu. Mereka pun diberikan gambaran soal kehidupan warga dipinggir anak Kali Ciliwung.

"Tujuannya, mengedukasi masyarakat bahwa kawasan Kota Tua tidak hanya bangunan saja. Namun kondisi masyarakat sekitar juga perlu diperhatikan. Kalau hanya bangunan saja itu hanya objek, ini juga kan demi kelangsungan Kota Tua itu sendiri," ujar salah seorang panitia penyelenggara Amira Paramitha pada Minggu 17 Juli 2016 kemarin.

Sekjen Komunitas Anak Kali Ciliwung Salijan menjelaskan, Jalan Lodan, Jalan Tongkol dan Jalan Krapu sebenarnya merupakan bagian dari kawasan Kota Tua, yakni benteng atau kastil Batavia. Warga di tiga kawasan tersebut, nyaris menjadi korban penggusuran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena dianggap menjadi penyebab banjir.

"Makanya kami melakukan pembenahan diri. Dari memundurkan rumah sejauh lima meter sampai mengolah sampah jadi kompos hingga membuat model rumah yang efisien," kata Salijan.

Di tengah isu penggusuran, warga Anak Kali Ciliwung terus berharap pemerintah bisa melestarikan aset-aset sejarah yang ada."Di sini kan banyak aset sejarah. Mestinya kan dilestarikan, bukan malah digusur. Kami terus berusaha melestarikan aset-aset sejarah yang ada seperti Gudang Timur yang masih ada sampai sekarang," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7453 seconds (0.1#10.140)