Tertangkap, Anwar Akan Diisolasi di Rutan Salemba

Jum'at, 15 Juli 2016 - 00:07 WIB
Tertangkap, Anwar Akan Diisolasi di Rutan Salemba
Tertangkap, Anwar Akan Diisolasi di Rutan Salemba
A A A
JAKARTA - Setelah kabur dari rutan Salemba dan tertangkap kembali di Bogor, Anwar narapidana kasus pembunuhan dan pemerkosaan rencananya akan diisolasi di Rutan Salemba.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Dahlan Pasaribu mengatakan, pihaknya akan meneliti dahulu jika Anwar tertangkap.

Jika kesalahan yang dilakukannya itu berat, Anwar pun akan diisolasi di tahanan nantinya sebagai hukuman atas kaburnya dari rutan Salemba, Jakpus.

"Biasanya dilakukan itu (isolasi). Tapi kita teliti dahulu, lalu dilakukan pembinaan. Karena dia kan kasus khusus. Kalau di lapas itu tuh kasus terendah, tidak disenangi oleh warga binaan kasus pemerkosa, pembunuh lagi. Dianggap yang paling rendah, bisa dikerjain oleh napi lain," ujarnya pada wartawan, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat tahanan seperti Anwar itu kabur karena keramaian. Di rutan Salemba, Jakpus terdapat 3.449 narapidana. Sedang saat dihari kaburnya Anwar dari tahanan, terdapat sekitar 3.667 pengunjung.

"Sementara yang mengawasi dari depan sampai belakng (Rutan Salemba) ada 76 orang. Mulai dari alat pemindai sampai ke pemeriksa barang. Paling banyak yang mengawasi di lokasi (kaburnya Anwar) hanya 10 orang. Sedangkan orang yang diawasi ribuan orang jumlahnya," tuturnya.

Dahlan menambahkan, persoalan petugas jaga itu pun merupakan masalah klasik. Pihaknya pun tidak mungkin melakukan penambahan petugas jaga. Namun, pihaknya menyampaikan pada jajaran Polsek, Polres, dan TNI untuk turut membackup dan membantu melakukan pemantauan pada narapidan yang ada di rutan-rutan DKI Jakarta ini.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9735 seconds (0.1#10.140)