Waspada, Komplek Perumahan Jadi Incaran Pencuri Rumsong

Rabu, 29 Juni 2016 - 13:16 WIB
Waspada, Komplek Perumahan Jadi Incaran Pencuri Rumsong
Waspada, Komplek Perumahan Jadi Incaran Pencuri Rumsong
A A A
JAKARTA - Polisi meminta masyarakat Jakarta yang akan mudik Idul Fitri agar berhati-hati saat meninggalkan rumahnya. Ada beberapa hal yang disarankan polisi sebelum mudik agar tidak mnejadi korban pencurian rumah kosong (rumsong).

Kasubbag Humas Polres Jakarta Barat Kompol Herru Julianto mengatakan, sebelum mudik sebaiknya warga menitipkan kepada tetangga atau ketua RT setempat.

"Kami Binmas Polres Jakbar sudah lakukan imbauan pada masyarakat. Baik di masjid, RW, dan RT. Kami ingatkan selalu berhati-hati, sebab memang rawan rumsong jelang lebaran," ujarnya pada Sindonews, Rabu (29/6/2016).

Disarankan, lanjutnya, menitipkan rumah pada tetangganya yang tidak mudik. Pastikan kalau rumah itu ditinggal dalam posisi terkunci semua.

Selain itu, kata Herru, untuk mengindari terjadinya kebakaran, masyarakat diminta untuk memadamkan listrik rumahnya, melepaskan tabung gas elpiji, dan mematikan keran air.

"Masyarakat pun diminta melapor ke petugas keamanan setempat apabila hendak pergi mudik. Sehingga, petugas keamanan pun nantinya bisa memperhatikan rumah yang ditinggal mudik itu," jelasnya.

Herru menambahkan, guna memberikan rasa aman dan nyaman pada pemudik, puluhan polisi akan melakukan patroli secara rutin. Patroli dilakukan baik siang, sore, malam, dan menjelang pagi.

"Kami Polres yang buat tim patrolinya. Biasanya, untuk rumsong itu tidak terbatas daerah. Tapi, umumnya yang rawan itu memang terjadi di perumahan," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9410 seconds (0.1#10.140)