Polisi Akan Sweeping Jakmania, Pengamat: Langkah Propam Tepat

Senin, 27 Juni 2016 - 19:06 WIB
Polisi Akan Sweeping Jakmania, Pengamat: Langkah Propam Tepat
Polisi Akan Sweeping Jakmania, Pengamat: Langkah Propam Tepat
A A A
JAKARTA - Langkah Propam Polda Metro Jaya yang mengamankan belasan polisi yang akan melakukan sweeping Jakmania dinilai tepat. Jangan sampai polisi yang bertugas mencampur adukan emosi dengan profesi sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Ferdinand Andi Lolo mengatakan, sebagai anggota Polri, seharusnya tiap anggota bisa memisahkan antara emosi dan pelaksanaan tugas. Karena, polisi memiliki tingkat disiplin yang tinggi dan tidak sepatutnya mencapurkan antara emosi dengan profesi.

"Kalau itu terjadi bisa membawa masalah. Baik masalah terhadap korps maupun dalam masyarakat," kata Ferdinand, Senin (27/6/2016).

Dikatakan, polisi lebih unggul dari masyarakat biasa dalam berbagai hal. Ketika polisi tidak bisa memisahkan profesi dan emosi maka bisa membuat ketakutan pada masyarakat.

Karena mereka lebih unggul dalam jumlah, terlatih dan yang paling berbahaya adalah mereka bersenjata. "Ketika mereka gunakan kelebihan itu untuk motivasi pribadi maka sangat berbahaya," ungkapnya.

Dikatakan, apa yang dilakukan Propam Polda Metro Jaya sudah tepat. Mengingat, Propam adalah simbol penegakan disiplin organisasi kepolisian.

Propam adalah panutan yang memberikan contoh bagaimana aturan itu dijalankan dan ditegakkan. Sehingga sangat kecil ketika Propam bertindak di luar aturan yang ada. "Ketika mengamankan anggota polisi maka pasti ada alasan yang kuat," tandasnya.

Sebagai anggota polisi, harus disadari bahwa identitas itu melekat selama 24 jam. Artinya, baik berseragam ataupun tidak maka seorang polisi harus tetap mengemban tugasnya untuk mengayomi dan menegakkan aturan.

"Itu konsekuensi logis ketika seorang menjadi polisi. Harus ada kinerja terukur dan terarah," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7880 seconds (0.1#10.140)