Komunitas Muslim Anti Rasisme Resmi Dideklarasikan

Rabu, 15 Juni 2016 - 21:14 WIB
Komunitas Muslim Anti Rasisme Resmi Dideklarasikan
Komunitas Muslim Anti Rasisme Resmi Dideklarasikan
A A A
JAKARTA - Di tengah isu-isu yang bisa mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sejumlah aktivis pemuda mendeklarasikan Komunitas Muslim Anti Rasisme (Komar).

Acara deklarasi disertai diskusi dengan tema "Jakarta Miniatur Kebhinekaan Indonesia" dan dihadiri oleh puluhan orang pemuda, mahasiswa dan masyarakat umum dilakukan di Jakarta Selatan.

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini peneliti Maarif Institutr Fajar Riza Ul Haq dan Chief Editor Inspirasi.Co Anick HT, yang selama ini juga bergiat di jaringan Indonesia Tanpa Diskriminasi.

Ketua Komar, Fadli Veriansyah, mengatakan bahwa Komar merupakan sebuah komunitas pemuda dan pelajar yang peduli akan keberagaman di Indonesia. Pilar Bhinneka Tunggal Ika menjadi dasar bagi Komunitas Muslim Anti Rasisme dalam bergerak menyosialisasikan bahwa keberagaman merupakan sebuah berkah dari Tuhan untuk Indonesia.

"Secara masif Komunitas Muslim Anti Rasisme akan menjadi garda terdepan dalam meredam potensi perpecahan yang disebabkan oleh isu-isu kesukuan, ras, dan agama," kata Fadli melalui rilisnya, Rabu (15/6/2016).

Sementara agenda Komunitas Muslim Anti Rasisme dalam jangka pendek, sambung Fadli, adalah meredam berkembangnya isu rasisme dalam gelaran Pilkada DKI 2017.

Komunitas Muslim Anti Rasisme berpandangan bahwa Jakarta sebagai miniatur Indonesia harus memberikan teladan yang baik untuk daerah lain.

‎"Dengan adanya diskusi semacam ini kami dari Komar, ‎semakin bertambah keyakinan dalam memberangus mentalitas kumuh yang mengeksploitasi isu rasisme demi kepentingan politik," ujar Fadli.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5156 seconds (0.1#10.140)