Warga Sebut Foto Banjir Besar di Pantai Mutiara Hoax

Sabtu, 04 Juni 2016 - 12:38 WIB
Warga Sebut Foto Banjir Besar di Pantai Mutiara Hoax
Warga Sebut Foto Banjir Besar di Pantai Mutiara Hoax
A A A
JAKARTA - Sejumlah foto banjir di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, yang beredar membuat panik warga perumahan tersebut. Belakangan diketahui, ternyata foto yang beredar tersebut merupakan foto banjir pada tahun 2013.

Perry, warga Pantai Mutiara mengungkapkan bahwa banjir yang melanda di wilayahnya hanya setinggi 5 sampai 15 centimeter. Artinya, tidak benar wilayah pantai mutiara tenggelam hingga bermeter-meter. "Foto yang beredar di media sosial itu adalah foto di tahun 2013," ungkap Perry di Jakarta Sabtu (4/6/2016).

Beredarnya foto-foto hoax tersebut tak ayal membuat keluarga dan warga yang menjadi korban banjir panik. Untuk itu, dirinya berharap banjir yang melanda tidak dibesar-besarkan. (Baca: Tanggul Jebol, Kawasan Pantai Mutiara Tergenang Parah)

Pasalnya sampai saat ini warga di Pantai Mutiara masih dalam kondisi aman. Iapun berharap aparat terkait dapat segera melakukan penanganan dan banjir bisa teratasi.

"Banyak saudara saya telpon karena panik melihat foto-foto yang beredar di media sosial. Padahal itu tidak benar sama sekali," tukasnya.

Sementara itu, Coporate Public Relationship PT Intiland Development (DILD), Prananda Herdiawan, membenarkan sejumlah foto yang beredar di media sosial adalah foto banjir 2013 di kawasan Pantai Mutiara, bukan foto-foto akibat jebolnya tanggul.

"Kondisi sebenarnya, jalan-jalan masih bisa dilewati kendaraan roda empat. Itu foto-foto tahun 2013. Enggak ada mobil tenggelam," imbuh Prananda.

Lebih lanjut, Prananda menjelaskan waduk dan tanggul Pantai Mutiara jebol akibat rob. Akibatnya, sejumlah genangan terjadi di beberapa lokasi di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

"Saat ini situasi sedang dalam pengecekan dan penanganan. Mudah-mudahan semua bisa teratasi dengan cepat dan baik," ujar Prananda.

Pantai Mutiara merupakan kawasan permukiman elite yang dikembangkan sejak tahun 1994. Terbagi dalam dua jenis kavling.

Selain perumahan, terdapat apartemen Pantai Mutiara dan Regatta The Icon yang dibangun di atas lahan reklamasi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7977 seconds (0.1#10.140)