Volume Sampah Banyak, Kota Depok Kekurangan Truk Sampah

Kamis, 28 April 2016 - 03:27 WIB
Volume Sampah Banyak, Kota Depok Kekurangan Truk Sampah
Volume Sampah Banyak, Kota Depok Kekurangan Truk Sampah
A A A
DEPOK - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menyatakan hingga kini Kota Depok masih kekurangan armada pengangkut sampah. DKP Kota Depok baru memiliki sebanyak 86 unit truk sampah, jauh dari angka kebutuhan.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok Kusumo mengatakan, volume sampah di Kota Depok per harinya mencapai 1.200 ton. Untuk mengangkut seluruh sampah tersebut diperlukan 120 unit truk sampah.

"Armada yang kita miliki saat ini hanya 86 truk yang hanya mampu mengangkut 500-550 ton sampah per hari," kata Kusomo, Rabu 27 April 2016 kemarin. Menurut Kusomo, kekurangan armada ini menyebabkan sampah belum terangkut maksimal.

Minimal, lanjut Kusomo, Depok memiliki 120 truk untuk memaksimalkan jumlah sampah yang bisa dibuang ke TPA Cipayung.
Sekali beroperasi, truk sampah bisa memuat sampai lima ton sampah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis TPA Cipayung Iyay Gumelar mengatakan, sehari ada 115 truk sampah yang masuk ke TPA. Sedangkan, mobil bak sampah yang berpelat nomor hitam ada 30 unit yang masuk. "Pelat hitam dari forum komunikasi masyarakat peduli tempat pembuangan sampah," katanya.

Iyay menuturkan, di TPA Cipayung ada tiga kolam pembangunan sampah. Namun, saat ini hanya satu kolam yang berfungsi yaitu kolam A. Sedangkan, kolam B ketinggian sampah sudah mencapai lebih dari 20 meter.

Sedangkan kolam C tidak bisa digunakan karena dekat dengan pemukiman warga. Rencananya kolam B bakal dimanfaatkan dengan program waste to energy, yakni sampah diolah menjadi energi listrik. "Kolam B akan diratakan lagi, agar bisa digunakan untuk membuang sampah. Sebab, kolam A sedikit lagi penuh," kata Iyay.

Untuk diketahui lahan TPA Cipayung seluas 10,8 hektare telah beroperasi sejak 1985. Dengan lahan yang terbatas TPA harus menampung seluruh sampah di Depok.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6501 seconds (0.1#10.140)