Jokowi: 14 Tahun Lagi Jakut Berada di Bawah Permukaan Laut

Rabu, 27 April 2016 - 14:31 WIB
Jokowi: 14 Tahun Lagi...
Jokowi: 14 Tahun Lagi Jakut Berada di Bawah Permukaan Laut
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan pada tahun 2030 mendatang seluruh wilayah Jakarta Utara akan berada di bawah permukaan laut. Ini akibat penurunan muka tanah di Jakarta yang selalu terjadi setiap tahun.

Jokowi mengatakan, Jakarta sebagai Ibu Kota harus memiliki pertahanan dan daya dukung lingkungan yang kuat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar penyediaan kualitas air bersih, air minum, mitigasi penurunan permukaan tanah, pengelolaan air limbah dan revitalisasi sungai untuk mengatasi banjir menjadi perhatian.

"Data yang saya terima penurunan muka tanah di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan, rata-rata 7,5 sampai 12 cm," ungkap Jokowi dalam rapat terbatas dengan jajaran kementerian terkait, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Banten, Pemprov Jawa Barat dan KPK tentang reklamasi Jakarta yang digelar di kantornya, Rabu (27/4/2016).

Jokowi memperkirakan seluruh wilayah Jakarta Utara pada 2030 mendatang akan berada di bawah permukaan laut."Ini sangat mengkhawatirkan. Bila ini terjadi beberapa sungai yang melewati Jakarta tidak bisa mengalirkan airnya dan diintegrasi ke Teluk Jakarta," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)