Puluhan Ribu Personel Gabungan Diterjunkan

Senin, 11 April 2016 - 10:17 WIB
Puluhan Ribu Personel...
Puluhan Ribu Personel Gabungan Diterjunkan
A A A
JAKARTA - Puluhan ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan penggusuran Pasar Ikan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Personel gabungan itu terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP DKI Jakarta.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Senin (11/4/2016), sekitar 11 alat berat berupa beko tengah menghancurkan bangunan di kawasan Pasar Ikan Luar Batang. Puluhan bangunan itu kini sudah tampak rata dengan tanah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol M Iqbal mengatakan, dalam melakukan penertiban bangunan itu, polisi mengerahkan sekitar 44.000 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Satpol PP, Polri, dan jajaran Pemrpov Jakarta Utara. Ada pula anggota yang bersenjata lengkap untuk mengantisipasi terjadinya tindakan yang tak diinginkan.

"Ada Polda yang membackup rencana Pemprov melakukan penertiban. Satpol PP sendiri ada sekitar 2.000 personel. TNI 400 personel. Polda sekitar 1.389, dan Polres Jakut 429. Kami tempatkan pula Barracuda dan Water Cannon untuk mengantisipasi yang tak diinginkan," katanya di Jakarta, Senin (11/4/2016).

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Ristam Efendi mengatakan, rata-rata, bangunan yang ada di Pasar Ikan itu telah dibongkar pemiliknya sebagian. Maka itu, petugas hanya membongkar sisa-sisa bangunan yang masih berdiri. Petugas pun akan mengedepankan penertiban tersebut secara persuasif agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

"Warg memang sudah membongkari bangunannya. Ini kami bongkar yang belum saja. Kami akan terus membongkari ini sampai benar-benar habis," pungkasnya. (Baca: Ini Imbas Penggusuran Pasar Ikan Luar Batang)

Hingga kini, petugas masih membongkar bangunan yang ada di Pasar Ikan, Jakarta Utara menggunakan tiga beko. Sedangkan delapam beko lainnya dipakai untuk membongkar bangunan yang ada di sekitar Pasar Ikan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5607 seconds (0.1#10.140)