UN, Sejumlah Sekolah di Depok Pinjam Laptop ke SMP

Senin, 04 April 2016 - 10:52 WIB
UN, Sejumlah Sekolah...
UN, Sejumlah Sekolah di Depok Pinjam Laptop ke SMP
A A A
JAKARTA - Karena kurangnya sarana komputer, disejumlah SMA di Depok terpaksa meminjam perangkat tersebut untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Sebanyak 43 sekolah SMA sederajat di Depok mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sembilan diantaranya adalah sekolah negeri. Meski diklaim sebagai yang tertinggi di Jawa Barat, namun pihak sekolah masih berupaya keras melengkapi sarana dan prasarana UNBK.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan Kota Depok Tati Wijayati mengatakan pihaknya berupaya memasilitasi tiap sekolah agar pelaksanaan UNBK terealisasi. Tati mengakui sejumlah komputer masih meminjam dari SMP yang memiliki perangkat tersebut.

"Sekolah - sekolah negeri memang masih banyak pinjaman laptop dan komputernya. Ada juga yang pemberdayaan orangtua. Kami meminjam dari SMP yang belum UN," ungkap Tati di SMAN 7, Tapos, Depok, Senin (4/4/2016).

Tati menambahkan seluruh sekolah negeri sepertiga modal sendiri menyiapkan pelaksanaan UNBK, sedangkan sisanya meminjam ke sekolah lain.

"Sepertiga modal sendiri, memang masih terbatas tetapi kami paling banyak UNBK se Jawa Barat," tutur Tati.

Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan hal ini sebagai salah satu upaya mewujudkan cyber city dalam bidang pendidikaan.

Ia menjelaskan pihaknya berupaya mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan sarana dan prasarana komputer agar sekolah negeri tak lagi meminjam komputer tahun depan.

"Step by step yaitu cara kami berupaya melakukan peningkatan pengelola pendidikan. Sekolah negeri, ini sangat terkait dengan ketersediaan dana, memang ada upaya kesana untuk dialokasikan. Walaupun belum semua. Nantinya akan ada semacam reward bagi sekolah - sekolah dengan kompetensi guru terbaik akan dilengkapi sarpras untuk diprioritaskan," tandas Idris.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1112 seconds (0.1#10.140)