Antisipasi Banjir, Tangerang Fungsikan 90 Pompa Air

Senin, 25 Januari 2016 - 22:21 WIB
Antisipasi Banjir, Tangerang Fungsikan 90 Pompa Air
Antisipasi Banjir, Tangerang Fungsikan 90 Pompa Air
A A A
TANGERANG - Sebanyak 24 titik rawan banjir di Kota Tangerang diklaim aman dari bencana tersebut. Sebab, Pemkot Tangerang telah memfungsikan 90 pompa penyedot air di kota itu.

"Masih aman, 24 titik banjir di Kota Tangerang masih aman," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang, Taufik Syazaeni di Tangerang, Senin (25/1/2016).

Kendati demikian, kata Taufik, Dinas Bina Marga tetap melakukan langkah antisipasi dengan membuka sejumlah pintu air, serta mengaktifkan puluhan pompa yang tersebar di perumahan-perumahan yang ada di Tangerang.

Tercatat ada 160 pintu air di 13 kecamatan yang telah dibuka oleh pihak Pemkot Tangerang agar aliran air hujan tidak membanjiri perumahan dan jalan protokol.

"Selain pintu air, anak kali dan perumahan, kami juga membuka pintu air di Situ Bulakan supaya airnya tidak tumpah ke jalanan. Kondisi hingga siang tadi, permukaan air situ berada di bawah ketinggian normal. Masih aman," kata Taufik.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, selain membuka pintu air, Dinas BIna Marga juga telah mengaktifkan sebanyak 90 pompa yang difungsikan untuk menyedot air. Hal itu guna menjaga debit air agar tetap normal. "Baik pompa-pompa di perumahan, maupun pompa mobile, semuanya sudah bergerak," katanya.

Adapun yang masih menjadi perhatian dirinya adalah kondisi Sungai Cirarab yang mengalami kenaikan debit air cukup signifikan.

Pihaknya mencatat ketinggian permukaan air saat ini telah mencapai satu meter dari permukaan normal. Untuk itu, pihaknya akan tetap waspada, terlebih bila hujan yang melanda Kota Tangerang kembali berkepanjangan.

Sementara itu terkait kondisi Batu Belah, Taufik masih berani memastikan bahwa kondisinya berada dalam tahap aman. Tetapi dirinya akan terus berkoordinasi khawatir ada kenaikan secara mendadak akibat kiriman air dari Bogor.

PILIHAN:

Ungkap Siapa Pembunuh Mirna, Polisi Lakukan Ini
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)