Bandar Narkoba Berlan Pindahan dari Kampung Ambon

Jum'at, 22 Januari 2016 - 15:10 WIB
Bandar Narkoba Berlan Pindahan dari Kampung Ambon
Bandar Narkoba Berlan Pindahan dari Kampung Ambon
A A A
JAKARTA - Walaupun Kompleks Berlan, Matraman, Jakarta Timur dahulunya adalah asrama untuk anggota TNI aktif tapi sekarang sudah tidak lagi. Pasalnya, saat ini banyak warga Kompleks Berlan bukan dari keluarga TNI.

"Mereka sebagaian besar bukan penghuni sini. Cuman ngontrak saja," kata Aji (43), warga sekitar saat ditemui di lokasi, Jumat (22/1/2016).

Kata Aji, keluarga Friyoza Wiyaya alias Ade Badak (39), pelaku pengeroyokan polisi yang juga dikenal sebagai bandar narkoba itu bukan warga Berlan asli. Pasalnya, keluarga Ade Badak baru masuk kompleks itu sekitar akhir tahun 1999 setelah reformasi.

Sambung Aji, sebagaian besar dari mereka merupakan warga pindahan dari Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. "Kebanyakan orang sana (Ambon) mas. Di sini enggak jelas kerja apa, tapi bisa punya mobil," tambahnya.

Senada dengan Aji, Aldo (34) mengatakan, sebagaian besar pelaku yang diamankan petugas beberapa waktu lalu dari Berlan bukan keluarga tentara. Mereka adalah warga sipil yang mengontrak.

"Yang kemarin saya lihat orang baru. Mereka seperti nya dari Kampung Ambon yang pindah ke sini," ujarnya. (Baca: Sisir Kompleks Berlan, Polisi Temukan Puluhan Paket Sabu)

Keberadaan para pelaku membuat resah warga Berlan. Aldo menceritakan, salah seorang pelaku berinisial J (56), kalau lagi mabuk kerap membuat gaduh. (Baca: Pengeroyok Polisi di Berlan Diminta Serahkan Diri, Kalau Tidak...)

"Kalau sudah mabok, biasanya sering muter musik keras-keras sampai pagi. Ada juga warga sini yang kalau nyari 'obat' ke rumah Mami Ola (Y)," tutupnya.

Sebelumnya, Komandan Detasemen Polisi Militer/II (Dandenpom/II) Letkol Joni Kuswaryanto mengakui, kalau Kompleks Berlan dahulunya adalah asrama untuk anggota TNI aktif. Namun, kini sudah banyak dihuni oleh luar keluarga TNI.

"Dahulu memang asrama untuk TNI aktif, tapi sekarang dihuni pensiunan TNI dan banyak orang luar. Ada juga yang sudah campur dahulu bapaknya TNI sekarang sudah dihuni anak cucunya," katanya.

PILIHAN:

Cerita Keluarga, Mirna 10 Tahun Pacaran dengan Arif
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)