Polda Metro Jaya Bantah Kewalahan Hadapi Balap Liar

Kamis, 14 Januari 2016 - 04:17 WIB
Polda Metro Jaya Bantah Kewalahan Hadapi Balap Liar
Polda Metro Jaya Bantah Kewalahan Hadapi Balap Liar
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya membantah legalisasi balap liar karena kewalahan menghadapi maraknya balap liar di Jakarta pada akhir pekan. Kepolisian meyakini legalisasi balap liar justru untuk menekan aksi ilegal tersebut.

Direktur Lalul Lntas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin menjelaskan, polisi membentuk wadah untuk menampung remaja yang sering balapan liar di jalanan dengan memfasilitasi lokasi mereka. Hal ini dilakukan untuk menyalurkan bakat terpendam dari para pembalap liar yang selama ini melakukan aksi balapan di ruas jalan Ibu Kota.

"Di sini kita mencoba mewadahi, yang nantinya akan kita berikan suatu ruang sehingga hal ini memperkecil terjadinya kecelakaan yang membahayakan bagi pengguna jalan," jelas Risyapudin, Rabu 13 Januari 2016 kemarin.

Risyapudin menegaskan, kepolisian bukan kewalahan menghadapi aksi balap liar. Namun legalisasi ini dilakukan karena titik-titik balap liar semakin luas. Wacana ini tercetus mengingat banyaknya aksi balapan liar di jalanan Jakarta yang sudah menjadi fenomena di setiap akhir pekan.

"Kita ingin mencoba mengakomodir mereka, tentunya ada persyaratannya juga," ujarnya. Risyapudin menambahkan, balapan tersebut tetap diselenggarakan di lokasi yang biasa menjadi 'arena' balap liar.

Bedanya, balapan ini akan mendapatkan penjagaan aparat polisi. "Nanti kita akan bersinergi dengan Pemda yang akan memberi izin di masing-masing, selanjut IMI akan meninjau," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6451 seconds (0.1#10.140)