Jalan Layang Permata Hijau Mulai Dioperasikan

Selasa, 05 Januari 2016 - 16:10 WIB
Jalan Layang Permata Hijau Mulai Dioperasikan
Jalan Layang Permata Hijau Mulai Dioperasikan
A A A
JAKARTA - Untuk mengurangi kepadatan kendaraan dan kecelakaan, jalan layang Permata Hijau di sekitar Senayan, Jakarta Selatan resmikan dioperasikan.

”Hari Selasa (5/1/2016) ini merupakan open traffic pertama kalinya di Jalan Layang Permata Hijau,” ujar Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo pada wartawan, Selasa (5/1/2016).

Menurut Heru, pengoperasian jalan layang Permata Hijau diharapkan bisa mencegah kecelakaan antara pengguna jalan raya dan kereta api. Sebab, jalan raya di Permata Hijau itu bersinggungan dengan rel KA.

Selain itu, pembangunan jalan layang diharapkan mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar ruas jalan itu.

"Sebelum jalan layang dibangun, Jalan Tentara Pelajar dari arah Slipi dan Kebayoran Lama sering padat dengan kendaraan bermotor. Kepadatan bertambah saat kereta melintas di jalur ganda," terangnya.

Heru menambahkan, kalau Jalan Layang Permata Hijau dibangun sejak awal 2015. Jalan layang yang menghubungkan Patal Senayan dengan Permata Hijau itu dibangun membentang sepanjang 640 meter dengan lebar 10 meter di atas jalur KA. Selain jalur untuk kendaraan roda dua dan empat, jalan juga dilengkapi jalur pejalan kaki.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pagar pembatas dan rambu-rambu lalu lintas jalan layang sudah terpasang. Sesuai rambu lalu lintas, kendaraan diperbolehkan melintas dengan kecepatan 50 kilometer perjam.

Lampu penerangan yang berada di sisi kiri dan kanan jalan layang sudah menyala, tanda pada permukaan jalan aspal yang berfungsi mengarahkan arus lalu lintas juga sudah dibuat.

Selama uji coba dilakukan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus memantau kondisi jalan layang. Apabila tidak ada kendala, jalan layang akan terus dibuka untuk pelintasan warga dari arah Jalan Permata Hijau menuju Patal Senayan Simprug, begitu juga sebaliknya.

PILIHAN:

Nikahi Istri Residivis, Juragan Bebek Tewas Dibantai
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6868 seconds (0.1#10.140)