Ditemui Pimpinan DPRD, Ahok Setuju Biaya Perjalanan Dinas DPRD Naik

Senin, 14 Desember 2015 - 14:59 WIB
Ditemui Pimpinan DPRD, Ahok Setuju Biaya Perjalanan Dinas DPRD Naik
Ditemui Pimpinan DPRD, Ahok Setuju Biaya Perjalanan Dinas DPRD Naik
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mendatangi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk mengklarifikasi terkait berkembangnya isu permintaan kenaikan anggaran perjalanan dinas anggota dewan DPRD DKI Jakarta.

Usai pertemuan yang berlangsung tertutup tersebut. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, setuju kenaikan anggaran perjalanan dinas itu jika memang sudah sesuai dengan aturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ya setuju tapi enggak sampai Rp2 juta. Ada hitungan untuk itu, kurang lebih Rp1,5 juta," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

Ahok menilai pertemuan ini agar menyamakan apa yang berkembang di pemberitaan dan pernyataannya yang tidak menyetujui anggaran tersebut. "Kan ditanya teman-teman (wartawan), saya bilang enggak setuju karena enggak ada dasarnya. Tapi kalau perjalanan dinas disesuaikan dengan eselon II dan gubernur ya boleh karena ada surat dari Mendagri kalau anggota dewan itu sesuai dengan eselon II untuk perjalanan dinasnya," tukasnya.

Sebelumnya, pada Sabtu 12 Desember 2015 lalu, Wakil Ketua DPRD DKI Mohammad Taufik mengusulkan kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk menaikkan besaran anggaran perjalanan dinas anggota dewan. Taufik menyatakan anggaran tersebut belum pernah naik dalam 12 tahun terkahir.‬

‪"Mungkin sekitar Rp2 juta per hari. Itu untuk makan dan uang transportasi lokal waktu perjalanan dinas," kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Penambahan biaya makan dan transportasi dewan dilatarbelakangi peraturan dari Kemendagri tentang biaya perjalanaan dinas.
Sebelumnya, kata Taufik, biaya perjalanan dinas anggota dewan sebesar Rp470.000 per hari.‬

‪"Bayangkan perjalann dinas sehari nih enggak sampai Rp500 ribu. Jadi kalau perjalanan dinas paling bisa nombok gitu," ujar Taufik.‬
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)