Ini Penyebab Sopir Angkutan Umum Jakarta Ugal-ugalan

Rabu, 09 Desember 2015 - 02:04 WIB
Ini Penyebab Sopir Angkutan Umum Jakarta Ugal-ugalan
Ini Penyebab Sopir Angkutan Umum Jakarta Ugal-ugalan
A A A
JAKARTA - Penyebab kecelakaan KRL commuter line tabrak Metro Mini di perlintasan Angke, Jakarta Barat diduga akibat sopir angkutan umum ugal-ugalan. Kondisi ini ternyata disebabkan dari sistem setoran yang dibebankan kepada awak angkutan umum.

Menurut Yayat Supriatna, pengamat Transportasi dari Universitas Trisaksti, kesemrawutan terhadap transportasi di Jakarta disebabkan pola setoran yang diterapkan pengusaha angkutan kota. (Baca: KRL vs Metro Mini Efek Domino Semrawutnya Transportasi Jakarta)

"Ini menyebabkan para sopir kendaraan umum menjadi beringas dan berebut penumpang. Hingga akhirnya menjadi semrawut," jelas Yayat ketika dihubungi, Selasa (8/12/2015).

Untuk itu, Yayat menyarankan kepada Pemprov DKI untuk segera melakukan revolusi transportasi dengan sejumlah pihak, termasuk pengusaha angkutan. (Baca juga: Tertabrak Kereta, Metro Mini B80 Zig-zag Serobot Pintu Perlintasan)

"Bisa saja dengan pemberian subsidi (PSO) yang saat ini digencarkan pemerintah. Artinya sopir nantinya mendapat gaji," tutupnya.

PILIHAN:

KPK Segera Periksa Ahok Terkait Pengadaan Lahan RS Sumber Waras
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7402 seconds (0.1#10.140)