Urai Kemacetan, Depok Harus Bangun Flyover Markaswangi

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 04:31 WIB
Urai Kemacetan, Depok...
Urai Kemacetan, Depok Harus Bangun Flyover Markaswangi
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota Depok menggagas grand design pembangunan jembatan layang (flyover) di Jalan Margonda, Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Siliwangi yang disebut dengan flyover Markaswangi. Pembangunan flyover tersebut dirasa mendesak di tengah kemacetan kota Depok.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Manto mengatakan, terdapat lima stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) di Depok yakni, Citayam, Depok, Depok Baru, Pondok Cina, dan Universitas Indonesia (UI). Otomatis ada sejumlah perlintasan kereta api yang seringkali menjadi simpul titik kemacetan.

“Jika kita punya flyover Markaswangi, maka masyarakat tak perlu melewati perlintasan rel kereta api bisa langsung naik flyover. Hal ini tentu dapat mengurai kemacetan,” Manto di Balai Kota Depok, Jumat 16 Oktober 2015 kemarin.

Untuk membangun flyover Markaswangi tersebut membutuhkan anggaran fantastis melebihi APBD Depok yakni Rp3 triliun. Pemkot Depok berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dapat membantu dalam pembangunan flyover Markaswangi.

“Sepertinya belum bisa dibangun 2016, kami belum tahu kapan apakah pemerintah pusat bisa bantu karena anggarannya butuh Rp3 triliun,” jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0549 seconds (0.1#10.140)