Terancam Roboh, Djarot Minta Rusun Komarudin Direnovasi

Kamis, 15 Oktober 2015 - 01:42 WIB
Terancam Roboh, Djarot Minta Rusun Komarudin Direnovasi
Terancam Roboh, Djarot Minta Rusun Komarudin Direnovasi
A A A
JAKARTA - Kondisi rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) Komarudin yang berada di Kelurahan Pengilingan, Cakung, Jakarta Timur sangatlah memprihatinkan dan membahayakan penghuni. Karena itulah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berencana akan merenovasi rusun yang telah menampung 600 kepala keluarga itu.

Pasca-mendapatkan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum pada pertengah 2013 lalu, kondisi rusun semakin rusak. Kesan angker dan seram justru terlihat pada dinding di enam tower rusun yang banyak dipenuhi lumut serta cat yang telah memudar dan mengelupas.

Lebih parah lagi, hampir seluruh penghuni Rusunawa Komaruddin mengeluhkan kebocoran dalam rumah mereka. Air menetes dari lantai lima mengalir ke lantai empat hingga ke lantai satu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berjanji rusun enam tower itu akan di revitalisasi total rusun pada tahun depan. Djarot menilah kondisi yang ada saat ini, sudah menjelaskan bahwa rusun tersebut sudah sangat tidak layak huni.

"Iya kita akan perbaiki secara total rusunawa ini. Memang sudah memprihatinkan dan tak layak huni lagi. Lihat saja tangga-tangganya yang hancur dan kerusakannya sudah membahayakan warga," jelas Djarot usai melakukan kunjungan ke Rusun Komarudin.

Melihat kondisi itu, Djarot telah meminta Dinas Perumahan dan Gedung Provinsi DKI Jakarta untuk segera memperbaiki rusunawa ini dan diprioritaskan untuk tahun depan. Artinya, renovasi sendiri akan mulai dilakukan pada tahun depan dengan menggunakan APBD 2016 dan masuk dalam kegiatan prioritas dinas itu.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6693 seconds (0.1#10.140)