16 Pasar Tumpah di Jakarta Perparah Kemacetan

Jum'at, 19 Juni 2015 - 18:34 WIB
16 Pasar Tumpah di Jakarta Perparah Kemacetan
16 Pasar Tumpah di Jakarta Perparah Kemacetan
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memfokuskan pengaturan lalu lintas di 16 pasar tumpah yang muncul selama Ramadan. Ini dilakukan guna mengurai kemacetan di titik pasar tumpah tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin mengatakan, banyaknya pedagang dan antrean warga yang akan berbuka puasa di lokasi pasar tumpah ini kerap menimbulkan kemacetan. Menurutnya, pasar tumpah memang menjadi salah satu objek pengamanan selama puasa.

"Catatan kami di Jakarta itu ada 16 pasar tumpah selama Radaman. Pasar tumpah ini memang menjadi salah satu perhatian kita karena menimbulkan kemacetan. Untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintasnya dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas wilayah masing-masing," kata Risyapudin, Jumat (19/6/2015).

Risyapudin menuturkan, tidak bisa melakukan pelarangan terhadap warga yang mengais rezeki dari pasar tumpah. "Karena itu kan sebetulnya kewenangan dari Pemda DKI untuk mengatur dan menertibkan PKL," imbuhnya.

Namun sebaiknya, akan lebih baik jika di lokasi pasar tumpah ini disediakan tempat parkir yang memadai. Banyaknya kendaraan yang parkir di pinggir jalan kerap menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.
"Belum lagi banyaknya warga yang berlalu-lalang di pasar tumpah ini tentunya kendaraan yang melintas harus melambatkan kendaraan," tuturnya.

Dari data yang dihimpun Polda Metro Jaya ada 16 titik lokasi pasar tumpah di Jakarta, di antaranya:

Jakarta Pusat:
- Benhil Tahah Abang
- Haji Jiung, Kemayoran
- Pasar Genjing
- Pasar Tanah Abang
- Simpang Lima arah Rivoli

Jakarta Barat:
- Jalan Panjang, Kebon Jeruk

Jakarta Selatan:
- Pasar Cipulir
- Pasar Minggu
- Pasar Pondok Labu

Jakarta Timur:
- Pasar Gembrong
- Pasar Kramatjati
- Depan Stasiun Jatinegara
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7312 seconds (0.1#10.140)