Pemkot Gelar Razia Makanan Berbahaya di Pasar Jatinegara

Kamis, 18 Juni 2015 - 18:22 WIB
Pemkot Gelar Razia Makanan Berbahaya di Pasar Jatinegara
Pemkot Gelar Razia Makanan Berbahaya di Pasar Jatinegara
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Timur menggelar razia makanan mengandung bahan berbahaya di Pasar Regional Jatinegara atau Pasar Mester. Ini dilakukan guna mencegah beredarnya bahan makanan yang disinyalir mengandung bahan formalin, boraks dan zat kimia berbahaya lainnya.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesmavet Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Timur Faziah mengatakan, dalam sidak kali ini petugas mengambil sejumlah sampel. Di antaranya adalah 20 daging ayam, 15 daging sapi, enam bakso sapi, 2 adonan baso sapi.

Selain itu, lanjut Faziah, petugas juga mengambil sampel daging, ikan dan bahan olahan ikan. Yakni 17 ikan segar, 2 ikan cue, enam ikan asin. Kemudian lima olahan ikan, yang diambil dari sejumlah pedagang di pasar tersebut.

"Seluruh sampel diambil dan dikirim ke laboratorium. Untuk jenis daging dikirim ke Laboratorium Kesmavet UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan, Teknologi Peternakan dan Pengujian Mutu Hasil Peternakan. Sedangkan jenis ikan dikirim ke Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Perikanan," kata Faizah kepada wartawan, Kamis (18/6/2015).

Menurut Faizah, pemeriksaan makanan ke sejumlah pasar tradisional dan modern akan terus dilakukan hingga menjelang Lebaran nanti. Hal ini dilakukan untuk mencegah beredarnya daging dan ikan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Selain juga mencegah adanya daging celeng yang dioplos dengan daging sapi maupun daging gelonggongan. Agar memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat sehat dan tidak mengandung penyakit.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5555 seconds (0.1#10.140)