Dikepung Sampah, RW di Bogor Targetkan Miliki Bank Sampah

Selasa, 09 Juni 2015 - 01:33 WIB
Dikepung Sampah, RW di Bogor Targetkan Miliki Bank Sampah
Dikepung Sampah, RW di Bogor Targetkan Miliki Bank Sampah
A A A
BOGOR - Permasalahan sampah di Kota Bogor setiap tahun tak pernah terselesaikan. Bahkan, bukannya solusi yang dihasilkan, kota dengan julukan kota hujan, malah terancam terkepung oleh sampah.

Berdasarkan data terakhir, jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat setiap harinya 2.400 meter kubik. Bahkan, hampir setengahnya nyaris tak terangkut. Kondisi itu dikeluhkan, masyarakat yang setiap pagi hendak beraktivitas.

"Setiap hari saya melihat sampah di tepi jalan menumpuk. Seperti di Jalan Raya Tajur dan Pasar Bogor. Bahkan membuat arus lalu lintas macet karena tertutup jalan," keluh Idris (32), warga Kelurahan Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin 8 Juni 2015.

Hal senada diungkapkan, Dede Boris (32), warga Harjasari, Bogor Selatan, Kota Bogor. Dia mengeluhkan, kondisi arus lalu lintas yang macet dari arah Ciawi menuju Bogor hanya gara-gara sampah.

"Pengangkutannya, selalu di siang hari. Kenapa enggak pagi-pagi saat jam berangkat kerja dan sekolah," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dari 2.400, hanya 1700 meter kubik yang terakngkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Galuga, Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Sisanya, 700 meter kubik tidak terangkut.

Rencananya, 700 meter kubik itu diupayakan untuk diolah di Bank Sampah disetiap RW dan Reduce, Reuse, Recycle (3R) berbasis masyarakat. Pada 2020 seluruh RW di Kota Bogor ditargetkan memiliki Bank Sampah guna mengatasi persoalan sampah di Kota Bogor.

Saat ini targetnya masih ditingkat kelurahan, ke depan kita ingin setiap RW memiliki Bank sampah. Sementara itu di Kota Bogor baru memiliki 11 Bank Sampah yang tersebar di delapan Kelurahan dan empat RW yakni di rusunawa Kelurahan menteng, taman kencana, Griya Katulampa, Kerta Maya, Tanah Baru ada di empat RW, Cibogo, Pasir Kuda, dan Rangga Mekar.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5387 seconds (0.1#10.140)