PSB Kota Tangerang Tak Gunakan Sistem Domisili

Selasa, 19 Mei 2015 - 19:05 WIB
PSB Kota Tangerang Tak Gunakan Sistem Domisili
PSB Kota Tangerang Tak Gunakan Sistem Domisili
A A A
TANGERANG - Penerimaan siswa baru (PSB) Tahun 2015 tingkat SD hingga SMA negeri di Kota Tangerang tidak akan menggunakan sistem domisili. Pemkot Tangerang tetap akan membuka PSB dengan sistem online.

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan penerimaan siswa baru tahun ini. Dari hasil kajian-kajian yang dilakukan, sistem domisili mungkin akan dihilangkan. "Tapi itu tergantung pada pimpinan (Kepala Dinas)," katanya, Selasa (19/5/2015).

Menurutnya pendaftaran PSB, sebagian besar tetap dibuka melalui online dengan presentase 90 persen. Sedangkan lima persen untuk siswa prestasi dan lima persen untuk warga luar Kota Tangerang.

"Kemungkinan tiap siswa batasnya bisa mendaftar ke tiga sekolah negeri, sama seperti tahun lalu," jelas Jamaluddin.

Untuk diketahui, sistem domisili diterapkan Dinas Pendidikan pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2014 dengan memberikan kuota 30 persen bagi anak yang tinggal di lingkungan sekolah.

Pasalnya anak yang ditinggal di dekat lingkungan sekolah kerap kalah bersaing dengan warga lain, sehingga malah bersekolah jauh dari rumah.

Selain itu, sistem ini juga untuk mengurangi kemacetan karena banyak siswa yang menggunakan kendaraan pribadi untuk sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Ahmad Lutfi mengatakan, evaluasi dilakukan karena adanya sejumlah anak yang tidak cocok dengan sistem belajar di sekolah dekat rumahnya.

“Ada yang tidak kuat dengan beban belajar di sekolah tersebut, akhirnya keluar dan pindah ke sekolah lain. Padahal mereka telah dimudahkan masuk ke sekolah tersebut dengan sistem rayonisasi. Kan sayang, jadi ada bangku yang kosong,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)