Narkotik Bisa Pengaruhi Cara Mendidik Anak

Sabtu, 16 Mei 2015 - 08:39 WIB
Narkotik Bisa Pengaruhi Cara Mendidik Anak
Narkotik Bisa Pengaruhi Cara Mendidik Anak
A A A
JAKARTA - Pendekatan mendalam harus dilakukan untuk melihat kejiwaan kedua orangtua yang menelantarkan anaknya di perumahan Citra Gran Cibubur, Bekasi. Sehingga bisa dipastikan, apakah cara orangtua mendidik kelima anaknya dengan cara yang dianggap salah itu memang karena pengaruh narkotik atau tidak.

"Secara langsung mungkin tidak ya, dan terlalu dini mendeteksi ke arah itu. Namun memang benar kalau efek narkotik itu berpengaruh pada perilaku seseorang," kata psikolog dari Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta kepada SINDO, Jumat 15 Mei 2015.

Dia mengakui, narkotika memang bisa mempengaruhi jalan pikiran orangtua dalam mendidik dengan cara yang mereka yakini sebagai hal benar. Karena, orang yang terpengaruh narkotik biasanya memiliki efek berhalusinasi. (Baca: Polisi Temukan Sabu di Rumah Pelaku Penelantaran Anak)

"Ketika suaminya dipengaruhi narkotik, dan berhalusinasi. Kemudian dia mendoktrin istrinya tentang bagaimana mendidik anak, dan itu diyakini sebagai kebenaran maka sang istri pun mendidik anaknya sesuai dengan kebenaran yang mereka yakini," jelasnya.

Dikatakan Shinta, pengetahuan tentang pendidikan dasar sebenarnya sudah dimiliki keduanya. Misalnya bagaimana membuat anak laki-laki menjadi kuat sehingga dididik dengan cara yang mereka benarkan. Kemudian mereka berpandangan bahwa anak perempuan haruslah perawan sehingga harus dijaga sebaik mungkin.

"Intinya, penggunaan narkotik membuat mereka berhalusinasi dan menciptakan persepsi mengenai cara mendidik anak yang dianggap benar menurut keduanya," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8014 seconds (0.1#10.140)