Bank DKI Ngaku Tawarkan Pinjaman ke Anggota Dewan

Jum'at, 19 September 2014 - 22:57 WIB
Bank DKI Ngaku Tawarkan Pinjaman ke Anggota Dewan
Bank DKI Ngaku Tawarkan Pinjaman ke Anggota Dewan
A A A
JAKARTA - Bank DKI memperkirakan anggota DPRD yang menerima kucuran dana kredit multiguna akan bertambah hingga akhir tahun ini. Karena, hingga kini sudah ada 29 anggota DPRD DKI Jakarta yang menggadaikan SK Pengangkatannya sebagai wakil rakyat.

"Jadi saya ingin meluruskan pemberitaan bahwa anggota DPRD itu menggadaikan SK-nya untuk mengajukan pinjaman. Yang ada kami dari Bank DKI yang menawarkan mereka untuk mengajukan pinjaman," ujar Direktur Marketing Bank DKI Mulyatno Wibowo di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Mulyatno menjelaskan, SK Pengangkatan merupakan salah satu persyaratan dalam mengajukan pinjaman, sehingga harus dilampirkan. Menurut dia, anggota DPRD merupakan nasabah potensial bagi DKI untuk diberikan kredit. Karena, seluruh anggota dewan gajinya dibayarkan (payroll) melalui perseroan sehingga dari sisi risiko aman.

"Jadi kalau ada yang melakukan peminjaman, maka akan langsung otomatis dipotong dari gaji setiap bulannya. Sehingga risikonya sangat aman sekali," jelasnya.

Untuk mengantisipasi jika anggota dewan dilakukan pergantian antar waktu (PAW) maka, lanjut dia, Bank DKI telah bekerja sama dengan Askrida untuk mengasuransikan potensi tersebut.

Selain itu, risiko kematian juga telah diasuransikan. "Jadi buat bank semuanya aman. Tidak ada masalah karena sudah diasuransikan," tegasnya.

Mengenai besaran kredit yang bisa dipinjam, Mulyatno memaparkan, untuk kredit multiguna tanpa agunan maksimal sebesar Rp250 juta. Sedangkan untuk di atas jumlah tersebut harus menyertakan agunan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0355 seconds (0.1#10.140)