Besok, Pimpinan Definitif DPRD DKI Diumumkan

Minggu, 14 September 2014 - 23:41 WIB
Besok, Pimpinan Definitif DPRD DKI Diumumkan
Besok, Pimpinan Definitif DPRD DKI Diumumkan
A A A
JAKARTA - Pimpinan DPRD definitif DKI Jakarta akan diumumkan Senin 15 September 2014 besok. Tetapi, mereka akan dilantik akhir September ini.

Adapun pimpinan DPRD DKI Jakarta yang nantinya tetap lima orang terdiri dari satu ketua dan empat wakil. Mereka adalah, Prasetyo Edi Marsudi (PDIP) sebagai Ketua, empat orang wakilnya, Mohammad Taufik (Partai Gerindra), Triwisaksana (PKS), Lulung Abraham Lunggana (PPP) dan Ferial Sofyan (Partai Demokrat).

"Nama-nama (itu) merupakan hasil keputusan dari setiap partai yang berhak mendapatkan kursi pimpinan. Suratnya telah masuk ke Pimpinan sementara DPRD," kata Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak di Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Penetapan kursi pimpinan DPRD DKI Jakarta berdasarkan Undang-Undang nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) Pasal 327 ayat 1, 3, dan 4. Kursi Ketua DPRD dijabat oleh partai politik (parpol) yang memperoleh kursi terbanyak.

Wakil Ketua diperoleh empat parpol empat terbanyak berikutnya. Pada Pemilu 2014, di DKI Jakarta PDIP memperoleh kursi terbanyak 28 kursi. Disusul oleh Partai Gerindra 15 kursi, PKS, 11 kursi, PPP 10 kursi dan Partai Demokrat 10 kursi.

Jhonny menyebutkan, rapat paripurna DPRD DKI Jakarta masih akan dipimpin oleh pimpinan sementara hingga pelantikan pimpinan defenitif. Besok agendanya pengumuman pimpinan defenitif dan fraksi.

Selanjutnya nama-nama pimpinan itu diserahkan ke Mendagri Gamawan Fauzi melalui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Nantinya pimpinan tersebut dilantik di rapat paripurna DPRD, setelah ada surat keputusan dari Mendagri.

Pada paripurna itu akan terjadi serah terima jabatan dari pimpinan sementara ke pimpinan defenitif.

"Pelantikan akan kita agendakan minggu depan," sebut politisi PDIP tersebut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)