Metro

Bocoran kunci jawaban 20 % akurat

Sabtu,  13 April 2013  −  11:57 WIB
Bocoran kunci jawaban 20 % akurat
foto: Marieska HW/Okezone

Sindonews.com - Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional (UN) selalu diwarnai beredarnya bocoran kunci jawaban. Sejumlah siswa di Depok, Jawa Barat, juga
mengaku sudah ditawarkan untuk membeli kunci jawaban sejak H-3 UN.

Menanggapi hal itu, siswa SMKN 2 Depok yang juga menjabat sebagai Ketua Kelas, Arif Faturahman mengaku tak percaya dengan kunci jawaban yang beredar itu. Ia sendiri mengaku belum mendengar isu tersebut.

"Bocoran jawaban belum dengar. Kalaupun ada, paling percaya hanya 20 persen yang akurat, sementara kalau ada isu jual beli soal UN enggak percaya," tuturnya usai acara zikir akbar di Balai Kota Depok, Sabtu (13/04/2013).

Arif mengajak seluruh siswa peserta UN untuk percaya pada kemampuan diri sendiri. Terkait adanya sistem 20 paket soal, meski menurutnya sedikit menyeramkan, namun tetap saja mudah dilewati jika sudah memiliki persiapan yang matang.

"Insya Allah siap, siap enggak siap harus siap. 20 paket serem juga sih. Tapi kalau sudah siap berarti enggak menakutkan, biasa saja. Yang penting sudah mempersiapkan diri. Jadi bukan sesuatu yang menyeramkan," jelasnya.

Persiapan yang dilakukan diantaranya berlatih mengerjakan soal, uji coba (try out), mengikuti bimbingan belajar, dan tentunya berdoa. "Jadi enggak percaya sama kunci jawaban, itu kan pakai sistem barcode komputer dan sudah diprogram, jadi mana bisa tahu jawabannya apa, jadi jangan percaya," ungkapnya.

Namun berbeda dengan Arif, salah satu siswa dari SMA swasta yang tak mau disebut namanya mengatakan kunci jawaban yang beredar boleh saja dipercaya untuk antisipasi soal yang sulit.

"Ah kalau saya enggak apa - apa, ambil saja. Buat pegangan kalau ada soal yang susah, lihat kunci jawaban itu. Buat pegangan artinya ya dipegang saat UN," tuturnya sambil tertawa.





(lns)

views: 696x
shadow