Hasil Labfor Sudah Keluar, Bareskrim: Tidak Ada Penambahan

Selasa, 25 Oktober 2016 - 13:01 WIB
Hasil Labfor Sudah Keluar, Bareskrim: Tidak Ada Penambahan
Hasil Labfor Sudah Keluar, Bareskrim: Tidak Ada Penambahan
A A A
JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri telah mengeluarkan hasil uji video panjang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait dugaan penistaan agama ketika memberikan sosialisasi pada masyarakat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

"Sudah keluar, hasilnya tidak ada penambahan dan tidak ada pengurangan. Kami (Polri) sudah klarifikasi pada Pak Ahok, bahwa tidak ada penambahan," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Agus Andrianto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2016).

Agus menjelaskan, meski tidak ditemukan penambahan atau pengurangan, penyidik Bareskrim tetap akan melanjutkan kasus tersebut dengan mencoba mengkaji ulang pasal yang akan dikenakan pada Ahok.

"Saya mohon pada rekan-rekan untuk membuat telaah hukum, Pasal 156 itu seperti apa, Pasal 310 dan 311 seperti apa, kemudian tolong awasi kami, awasi Polisi yang menyidik ada enggak kesalahannya," jelasnya.

Lanjut Agus, untuk menentukan langkah selanjutnya setelah hasil Labfor keluar maka penyidik juga akan segera meminta kesimpulan dari beberapa ahli untuk menelaah bagian mana yang dikatakan penistaan agama.

"Kami pakai Dirjen Bimas Islam, saya juga akan ke Jawa Timur menemui beberapa tokoh yang bisa berikan masukan supaya seimbang," kata Agus.

Untuk diketahui, penyidik Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri telah menerima empat laporan dalam perkara penistaan agama yang diduga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Surat Al Maidah Ayat 51.

Dalam memproses laporan tersebut, penyidik sudah melalukan pemeriksaan sebanyak sembilan saksi yang terdiri dari Lurah Kepulauan Seribu, Kepala Pemerintah Kepulauan Seribu, staf Ahok, masyarakat dan nelayan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7706 seconds (0.1#10.140)