Polisi Bongkar Pabrik Kosmetik Palsu di Tangerang

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 22:07 WIB
Polisi Bongkar Pabrik Kosmetik Palsu di Tangerang
Polisi Bongkar Pabrik Kosmetik Palsu di Tangerang
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkap pabrik kosmetik palsu yang dibuat dari bahan makanan. Pemilik yang berinisial FL masih diperiksa intensif.

Pelaku FL membuat kosmetik palsu itu di rumah kontrakannya di Jalan Raya Villa Mutiara Pluit, Kelurahan Periuk, Kecamatan Jati Uwung, Kota Tangerang. Kosmetik palsu yang dibuat FL ada berbagai jenis, mulai dari vitamin muka, gel muka, cream malam, toner, cream siang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan, bahan makanan yang dipakai pelaku adalah pewarna makanan. "Itu dipakai untuk membuat kosmetik produksinya lebih berwarna. Sehingga menarik konsumen," katanya kepada wartawan, Jumat (5/8/2016).

Kanit V Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Bintoro menuturkan, pelaku membeli bahan-bahan pembuat kosmetik di Pasar Asemka. Dia kemudian menggunakan label kosmetik merek HN yang sudah terkenal.

Label dibuat sendiri oleh FL dan empat anak buahnya menggunakan printer sederhana. Makanya label buatan FL kelihatan lebih buram dan kabur. "Kosmetik-kosmetik ini kemudian dipasarkan di Pasar Asemka dan lewat online," tegasnya.

Bahkan FL memiliki akun toko online situs jual beli. "Peredaran yang belum kami ketahui seberapa besarnya ini adalah yang via online. Sebab pembelinya bisa dari seluruh Indonesia," jelasnya.

Untuk menelusuri itu, pihaknya sedang menganalisa rekening milik FL. Sementara dari tempat produksi kosmetik buatan FL, polisi menyita berbagai botol berisi kosmetik palsu, bahan pembuatan, alat pembuatan seperti timbangan, mixer, serta baskom plastik kecil.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6510 seconds (0.1#10.140)