Hujan 30 Menit, Jakarta Barat Dibanjiri Genangan

Jum'at, 22 Juli 2016 - 17:06 WIB
Hujan 30 Menit, Jakarta Barat Dibanjiri Genangan
Hujan 30 Menit, Jakarta Barat Dibanjiri Genangan
A A A
JAKARTA - Sejumlah ruas jalan di Jakarta Barat tergenang banjir dengan ketinggian air 5-30 cm. Banjir menggenagi kawasan tersebut setelah hujan mengguyur selama 30 menit.

Pantauan Sindonews, banjir menggenangi kawasan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di lokasi ini tercatat ada tiga titik genangan terparah diantaranya, Pasar Bunga Rawa Belong, RW 07, dan RW 04. Dari ketiga titik itu, jalanan dari arah Arteri Panjang, Kedoya hingga ke Rawa Belong Raya, Palmerah menjadi lumpuh.

Untuk melintasi kedua akses itu, pengguna kendaraan terpaksa mengalihkan jalannya ke arah Kebon Jeruk Raya. Fahmi (56) warga di kawasan Pasar Bunga Rawa Belong mengaku banjir yang terjadi, membuat aktivitas menjadi berhenti. Toko-toko bunga memilih tutup lantaran pasar telah tergenang parah.

"Kejadian sejak siang tadi. Pedagang memilih pulang dan tidak lagi membuka tokonya," ujar Fahmi, Jumat (22/7/2016) kemarin. Lain halnya dengan Mansur (46) warga RT 08/07, Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Pria ini menjadi tak bekerja setelah dipaksa berjaga menghadapi genangan air yang melanda pemukimannya.

Dengan menggunakan beberapa karung pasir bertumpuk, Mansur dan sejumlah tetangganya memilih untuk membuat tanggul darurat, menghalau air masuk ke dalam rumahnya.

Tak hanya terjadi di Sukabumi Selatan, genangan air dengan ketinggian rendah terjadi di beberapa wilayah, di antaranya Jalan Palmerah Barat, Jalan S Parman, Jalan Latumenten, Jalan Raya Rawa Buaya dan Kedoya Raya.

Buruknya genangan air di Jakarta Barat disinyalir karena rusaknya mesin pompa. Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat mencatat dari ratusan pompa, delapan di antaranya bermasalah.

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat Imron mengatakan, delapan pompa bermasalah itu sedang diperbaiki. Enam pompa rusak berat diduga akibat sampah dan harus diangkat serta diperbaiki oleh pemegang merek. Dua pompa yang rusak ringan diharapkan cepat diperbaiki. Anggaran pemeliharaan pompa di 2016 ini Rp2,6 miliar.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1150 seconds (0.1#10.140)