Kosong Sejak 2007, Menara Saidah Dikabarkan Akan Dibuka Lagi

Sabtu, 11 Juni 2016 - 17:22 WIB
Kosong Sejak 2007, Menara Saidah Dikabarkan Akan Dibuka Lagi
Kosong Sejak 2007, Menara Saidah Dikabarkan Akan Dibuka Lagi
A A A
JAKARTA - Masih ingat dengan salah satu bangunan di Jakarta bernama Menara Saidah. Setelah tak lagi berpenghuni sejak 2007 lalu, pengelola Menara Saidah dikabarkan akan kembali mempergunakan gedung tersebut.

Kepala Bidang Pengawasan Bangunan Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta Wiwit Djalu Adji mengungkapkan, Menara Saidah merupakan bangunan yang memiliki 28 lantai. Sejak 2007 lalu, gedung tersebut tak lagi berpenghuni karena adanya kabar kemiringan di bangunan yang berada di Jalan MT haryono, Jakarta Timur, tersebut.

"Kami pernah melakukan pengukuran pada 2012 atau 2013 lalu menggunakan pengukuran teolodit (pengukuran menggunakan alat namun secara visual). Identifikasi awal tidak menunjukkan kemiringan. Kemudian saya sampaikan kepeda mereka (pemilik) untuk dikaji lebih lanjut. Kemudian mereka merekrut dari ITB kalau tidak salah untuk pemeriksaan lebih lanjut dan sama hasilnya bahwa tidak miring," jelas Wiwit, Sabtu (11/5/2016).

Wiwit mengaku kabar terakhir sang pemilik akan menggunakan kembali Menara Saidah. Namun Wiwit menjelaskan jika ingin menggunakan kembali maka harus mengikuti prosedur serta tahap pengawasan yaitu pemanfaatan bangunan yang ditetapkan oleh Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta.

"Menara Saidah itu dari pemiliknya ingin menggunakan kembali, saya sampaikan kalau mau menggunakan kembali, pemanfaatan bangunan, harus punya SLF, permohonan SLF di PTSP. Selanjutnya PTSP akan minta rekomendasi ke kita, baru kita periksa. Tapi ada konflik internal masih belum kelihatan proses terakhir mau menggunakan atau tidak," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3303 seconds (0.1#10.140)