Rencana Putra Mahkota Saudi Bantu Dana Renovasi Masjid JIC Masih Menggantung

Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:40 WIB
loading...
Rencana Putra Mahkota Saudi Bantu Dana Renovasi Masjid JIC Masih Menggantung
Penampakan Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara, setelah terbakar Oktober 2022 silam. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakanrencana Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mensponsori renovasi Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara, masih menggantung. Prosedur bantuan dana dari luar negeri cukup rumit tidak semudah yang dibayangkan.

"Masjid Raya JIC belum ada tindak lanjut juga. Jadi sekarang menggantung. Mungkin ada kaitannya sama Kemenag tadi itu, karena urusannya tidak sesederhana yang kita bayangkan. kalau ada bantuan dari luar negeri tentu ada prosedurnya," ungkap Kepala Sub Kelompok Kegiatan Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Herman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Herman mengatakan, Pemprov DKI terus berupaya agar Masjid JIC dapat direnovasi menggunakan APBD DKI serta sumbangan dari para donatur.


"Iya (pakai APBD). Ini kan masjid milik Pemprov DKI, Jadi haruslah direnovasi kembali oleh pemerintah. Kemarin memang ada sumbangan dari mana-mana, ada penggalangan dana dari golongan masyarakat, ada yang mengatasnamakan, nah kita meneruskan itu. Kita tidak mau ada bola liar di sana, di mana ada orang yang mengambil kesempatan dalam musibah itu. jadi kita mengantisipasi itu," katanya.

Sebagai informasi, Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) akan membangun kembali Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara. Masjid JIC terbakar pada Rabu (19/10/2022).

Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre/JIC) KH Muhammad Subki menyambut baik dan bersyukur rencana pembangunan kembali Masjid JIC.

"Kami bersyukur masyarakat muslim Indonesia, bahkan dunia punya perhatian terhadap kondisi Masjid Raya Jakarta Islamic Center," ujar Subki, Rabu (16/11/2022).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)