Warga Eks Kalijodo Segera Dibuatkan KTP Rusun Pulogebang

Senin, 07 Maret 2016 - 11:02 WIB
Warga Eks Kalijodo Segera Dibuatkan KTP Rusun Pulogebang
Warga Eks Kalijodo Segera Dibuatkan KTP Rusun Pulogebang
A A A
JAKARTA - Puluhan Kepala Keluarga ( KK) eks Kalijodo yang direlokasi ke Rusunawa Pulogebang akan segera dibuatkan KTP. Sebelum dibuatkan KTP, pengelola rumah susun akan membentuk rukun tetangga atau RT di blok yang dihuni warga eks Kalijodo.

Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pulogebang Ageng Darmintono mengatakan pembuatan KTP ini agar warga bisa segera memanfaatkan fasilitas yang ada di Rusun.

"Pembuatan KTP ini penting agar warga bisa menggunakan fasilitas seperti bus Transjakarta secara gratis. Para penghuni rusun juga butuh KTP untuk pembuatan rekening Bank DKI yang nantinya digunakan sebagai autodebet," kata Ageng kepada wartawan, Senin (7/3/2016).

Ageng melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur untuk memulai proses pembuatan KTP pada pekan depan.

Nantinya, lanjut Ageng, warga eks Kalijodo yang menempati unit rusun akan berada dibawah pengurus RW 16. Hanya saja ia belum bisa memastikan warga masuk pengurus RT mana.

"Pembentukan pengurus RT baru ini merupakan syarat kependudukan. Kita belum tahu nantinya di sini masuk RT 16 atau 17 tapi kalau RW sudah pasti masuk RW 16," jelasnya.

Hanya saja rencana tersebut sedikit mengalami kendala. Pasalnya dari 86 KK warga eks Kalijodo yang direlokasi, baru 50 KK saja yang benar-benar menempati unit rusunnya. Adapun sisanya baru sebatas memindahkan perabotan rumah tangga.

"Ini jadi kendala tersendiri untuk pembentukan pengurus RT makanya diharapkan kehadiran warga rusun bisa mencapai diatas kuorom. Ini kan juga sebagai ajang silaturahmi bagi warga dengan pengelola serta lingkungan sekitar," katanya.

Sementara itu Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Timur Ahmad Fauzi mengatakan pihaknya sudah siap membuatkan KTP bagi warga eks Kalijodo di Rusun Pulogebang. Hanya saja untuk saat ini pihaknya masih menunggu koordinasi dari pengelola rusun.

"Kami sudah siap dan saat ini masih menunggu info dari pengelola rusun karena seperti biasa layanan Dukcapil dilakukan setelah ada permintaan dari pengelola," katanya.

Fauzi menambahkan, pelaksanaan pembuatan KTP bagi warga Rusun Pulogebang tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Rusun Jatinegara Barat.

"Teknisnya sama seperti yang dilakukan di (rusun) Jatinegara Barat, pengelola, Dukcapil dan Bank DKI menggelar layanan terpadu pada satu waktu dan tempat," tutup Fauzi.

PILIHAN:

Bakal Cagub Ini Bongkar Kejelekan Ahok

Adhyaksa Dault & Ahmad Dhani Dinilai Penghibur di Pilgub DKI
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4009 seconds (0.1#10.140)