Cegah Korban Kebakaran, Fire Panic Button Diluncurkan di Tambora

Jum'at, 22 Januari 2016 - 07:24 WIB
Cegah Korban Kebakaran, Fire Panic Button Diluncurkan di Tambora
Cegah Korban Kebakaran, Fire Panic Button Diluncurkan di Tambora
A A A
JAKARTA - Aparatur pemerintahan me-launching sistem fire panic button di kawasan Tambora, Jakarta Barat. Sistem ini dibuat demi meminimalisir korban jiwa yang timbul akibat kebakaran di masa yang akan datang.

Kapolsek Tambora Kompol Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, sistem ini mampu membuat warga secara cepat melakukan evakuasi saat terjadi kebakaran. "Ini seperti alarm peringatan, sirine akan berbunyi dan mengundang perhatian warga. Tujuannya, menginformasikan bahwa ada kebakaran di kawasan itu," kata Wirdhanto, Kamis 21 Januari 2016.

Peraih Adhi Wakayasa Akpol 2003 ini melanjutkan, sistem fire panic button ini ditempatkan di Kantor Sekretariat RW, yang letaknya berada di tengah-tengah peemukiman. Dengan begitu, maka masyarakat dapat mengetahui dengan cepat, lantaran bunyi sirine mampu menjangkau hingga beberapa kilometer.

Pantauan Sindonews, tak hanya me-launching fire panic button, bersama dengan jajaran Koramil, Polsek dan Kecamatan Tambora, warga di RW 02, Jembatan Besi, Tambora juga dilatih untuk tidak panik dan keluar secara teratur melalui simulasi kebakaran di kawasan itu.

Rencananya, pemasangan fire panic button dan simulasi sendiri juga akan dilakukan di lima kelurahan yakni, Kelurahan Angke, Kali Anyar, Tambora, Kerendang dan Pekojan. Kelima tempat itu dipilih lantaran kerap terjadi kebakaran dan merupakan wilayah padat penduduk.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5341 seconds (0.1#10.140)