Ungkap Sabu 360 Kg, Polda Metro Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juli 2015 - 22:24 WIB
Ungkap Sabu 360 Kg, Polda Metro Diganjar Penghargaan
Ungkap Sabu 360 Kg, Polda Metro Diganjar Penghargaan
A A A
JAKARTA - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mendapatkan penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Penghargaan itu diberikan lantaran Polda Metro berhasil mengungkap 360 kilogram sabu jaringan internasional yang ditaksir mencapai Rp547 miliar di Pluit, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

"Karena memang undang-undang narkotika menjelaskan, bahwa bagi masyarakat maupun penegak hukum yang berhasil mengungkap kasus narkoba akan diberikan penghargaan," kata Kepala BNN Irjen Anang Iskandar di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Selain penghargaan kepada maasyarakat, kata dia, tahun 2015 ini pemerintah bersama BNN juga membuat gerakan nasional merehabilitasi pengguna narkoba. "Penggunaa narkoba tercatat sebanyak 4 juta orang, menjadi tugas pememerintah merehabilitasi 4 juta orang ini untuk membebaskan Indonesia dari narkoba," imbuhnya.

Namun, saat ini BNN menargetkan untuk merehabilitasi 100 ribu penyalahguna narkotika. "Pemerintah yang diinisiasi oleh BNN telah mengeluarkan kebijakan rehabilitasi bagi 100 ribu penyalahguna narkoba, sesuai dengan arahan Presiden RI, target rehabilitasi ini akan terus ditingkatkan tiap tahunnya," bebernya.

Menyikapi kondisi darurat ini, maka tidak ada pilihan lain selain menyatakan perang terhadap kejahatan narkotika. Upaya ini tentu tidak dapat tercapai maksimal jika hanya mengandalkan BNN dan jajaran polisi di Direktorat Narkoba.

"Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh para pihak adalah dengan mengedepankan langkah pencegahan secara berkesinambungan dari pusat hingga daerah secara terukur dan berkelanjutan," jelasnya.

Anang berharap, ke depan adanya peningkatan kerja sama antara BNN Provinsi DKI Jakarta dengan Polda Metro Jaya dalam upaya memerangi narkoba. "Karena perang melawan narkoba hanya dapat dimenangkan dengan kejujuran, kebersamaan dan totalitas," pungkasnya.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Eko Daniyanto mengatakan, penghargaan yang diberikan oleh BNN kepada Direktorat yang dipimpinnya adalah dedikasi kepada seluruh staf direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

"Ini adalah milik semua anggota yang berhasil mengungkap, khususnya tim khusus yang telah melakukan pengintaian siang dan malam," tegasnya.

Seperti diketahui, polda metro jaya berhasil melakukan pengungkapan terbesar narkoba jenis sabu seberat 360 kilogram jika dikonversikan ke rupiah setara dengan Rp540 miliar dan dapat menyelamatkan 1,8 juta jiwa anak bangsa atau generasi penerus bangsa dari pemakaian narkoba.

PILIHAN:

Polda Metro Jaya Ungkap Jaringan Sabu 360 Kg

Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Ini Pengakuan Vitalia Sesha

Polisi Sita 1 Kg Sabu dari Pengedar Jaringan Pulo Gadung
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)