Tahu Berformalin dan Macaroni Kecoa Ditemukan di Pasar Swalayan

Kamis, 02 Juli 2015 - 12:06 WIB
Tahu Berformalin dan Macaroni Kecoa Ditemukan di Pasar Swalayan
Tahu Berformalin dan Macaroni Kecoa Ditemukan di Pasar Swalayan
A A A
DEPOK - Dalam sidak yang dilakukan di kota Depok, petugas mendapati tahu berformalin dan macaroni yang terdapat kecoa. Petugas endiri akan memeriksa langsung produsen tahu berformalin tersebut.

Sidak sendiri dilakukan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dan Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono. Saat meninjau Hypermart Depok Town Square, petugas menemukan tahu mengandung formalin.

Berawal dari uji sampel yang dilakukan pada tahu kuning asal Cibuntu Bandung. Dengan menggunakan alat Food Safety Kit, terlihat adanya perubahan warna.

"Warna yang tadinya putih menjadi agak pink dan peach atau oranye, di angka kadar formalin 0,6, terbukti menggunakan formalin," tegas Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Kamis (2/7/2015).

Petugas juga membongkar parsel untuk mengecek tanggal kadaluarsa pada makanan di dalam isi parsel. Kue lebarn toples pun tak luput dari pantauan. Selain itu Nur Mahmudi menemukan adanya anak kecoa di dalam makaroni curah.

Kasat Narkoba Polresta Depok Kompol Vivick Tjangkung menegaskan pihaknya tengah melengkapi surat - surat dokumentasi pengajuan izin masuknya bahan makanan ke dalam pasar swalayan tersebut. Ia bersama tim berencan menyambangi langsung produsen di Bandung.

"Kami cek lakukan pemeriksaan untuk tangkap yang diatasnya, pembuatnya. Begitupula surat - surat bagaimana barang bisa masuk kesini, apakah ada keteledoran atau kurangnya quality control," tegasnya.

Sementara itu pihak manajemen Hypermart menunjukan bukti surat - surat resmi dari pihak supplier tahu bahwa tahu mereka mendapatkan sertifikat halal dan sehat dari Dinas Kesehatan.

"Karena itu kita cek nanti apakah dalam perjalanannya mereka menyimpang, karena saat pengajuan bagus," kata Vivick.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6251 seconds (0.1#10.140)