Komunitas Sopir Truk DKI Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Rabu, 04 Januari 2023 - 19:49 WIB
loading...
Komunitas Sopir Truk DKI Sosialisasikan Keselamatan Berkendara
Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan sopir truk di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan sopir truk. Sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan truk di jalanan.

Di samping itu, para sopir truk bisa memahami aturan-aturan lalu lintas. Sosialisasi digelar di Jalan Mawar No 43 RT 5/RW 11 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

"Sopir kan beda sama pekerjaan yang di kantoran, seleksi kita mungkin ngga ketat. Hanya perlu SIM, KTP, dan kemauan untuk bekerja. Kadang kelalain sopir ini yang kadang bikin kecelakaan lalu lintas di jalan," kata Ketua Komunitas sopir Truk DKI Jakarta Amirul Amin di lokasi, Rabu (4/12/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta mempraktikkan langsung cara-cara menjaga keselamatan sebelum berkendara. Seperti pengecekan ban, air radiator, kondisi oli, hingga penggunaan safety belt.

"Jadi karena cenderung mobil-mobil berat muatan kayak gini kan 5 ton, 7 ton, bahkan ada mobil truk kalau di Sumatera itu ada yang sampai 12 ton. Itu bannya harus khusus, remnya harus khusus, bernya harus khusus, terus kondisi jalannya pun supir harus memahami medannya," jelasnya.

Para sopir truk juga diedukasi tentang pentingnya pengecekan mobil truk setelah berkendara. Di samping itu, Amin menekankan sopir truk harus memiliki SIM sesuai dengan tipe mobilnya seperti B1, B2, atau B2 umum.

"SIM yang sesuai dengan truknya, terus ketika pulang pun nanti dia periksa lagi bagaimana keadaan mobilnya. Kalau memang ada masalah di mobilnya, segera lapor ke montir," ujarnya.

Ketua Bidang Logistik dan Transportasi Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta Abdurahman Sidik mengatakan, para sopir truk antusias mengikuti sosialisasi. Sidik berharap, para sopir truk semakin hati-hati dalam berkendara.

"Mudah-mudahan nanti ke depannya setelah kita sosialisasikan acara hari ini, sopir lebih hati-hati dalam berkendara, tidak ugal-ugalan. Kemudian juga berpikir panjang untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Selain mensosialisasikan keselamatan berkendara, Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta juga membagikan ratusan sembako kepada sopir truk, istri sopir truk, montir, dan masyarakat yang membutuhkan di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur. Sidik berharap, ekonomi sopir truk dan keluarga semakin baik.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)