Reservoir Komunal Solusi Kebutuhan Air Bersih di Marunda Kepu

Jum'at, 16 Desember 2022 - 10:55 WIB
loading...
Reservoir Komunal Solusi Kebutuhan Air Bersih di Marunda Kepu
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pelayanan air bersih di Kampung Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022). Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pelayanan air bersih perpipaan PAM Jaya di Kampung Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara pada Jumat (16/12/2022) pagi.

Diketahui PAM Jaya membangun reservoir atau tandon air bersih yang kemudian dialirkan menggunakan pipa ke rumah warga di sejumlah titik rawan termasuk di Kampung Marunda Kepu. Sebab, wilayah ini membutuhkan air bersih.

Heru mengatakan pembangunan reservoir komunal merupakan inovasi dan solusi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Marunda Kepu yang menjadi salah satu titik rawan karena berbatasan langsung dengan pantai Jakarta.

”Pembangunan reservoir komunal atau ground water tank merupakan inovasi dan solusi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Marunda Kepu. Saya sampaikan apresiasi kepada PAM JAYA,” kata Heru, Jumat (16/12/2022).

Pemprov DKI Jakarta melalui PAM Jaya terus berupaya untuk merealisasikan pemenuhan 100% kebutuhan air minum perpipaan bagi warga Jakarta pada tahun 2030. Salah satunya, dengan melakukan pembangunan perpipaan.

Renacananya sepanjang 4.000 kilometer dibangun secara bertahap dalam dua tahun ke depan (2023-2024).

”Saya berharap PAM Jaya dapat terus melaksanakan pelayanan air bersih bagi warga Jakarta dengan tetap menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas ketersediaan air,” tegasnya.

”Semoga kehidupan warga Marunda Kepu semakin sejahtera, khususnya dengan terpenuhinya kebutuhan air bersih melalui pembangunan reservoir komunal atau ground water tank yang merupakan inovasi pelayanan dan pemenuhan kebutuhan air bersih dari PAM Jaya,” tegasnya.

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, menjelaskan inovasi pembangunan reservoir komunal disertai booster pump di dekat pemukiman warga telah menjadi solusi atas kebutuhan air warga Marunda Kepu, Jakarta Utara.

Saat ini, suplai air di wilayah tersebut telah normal, bahkan hingga ke rumah yang berada di ujung permukiman. Reservoir komunal ini upaya dalam memberikan kedaulatan air bagi seluruh warga Jakarta, dengan target 100 persen cakupan pelayanan pada 2030.

Ia menambahkan, PAM Jaya dalam waktu dekat akan membangun sejumlah reservoir komunal, yakni di wilayah Taman Sari, Krendang Tambora, Kalideres Duri Kosambi, Muara Baru RW 17 Penjaringan, Marunda Pulo, Kalibaru, dan PPK Kemayoran - Kebon Kosong.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)