Sastrawan Remy Sylado Dimakamkan Besok di TPU Menteng Pulo

Senin, 12 Desember 2022 - 16:14 WIB
loading...
Sastrawan Remy Sylado Dimakamkan Besok di TPU Menteng Pulo
Sastrawan legendaris Remy Sylado (77) akan dimakamkan besok di TPU Menteng Pulo, Jakarta Timur. Foto/MPI/M Farhan
A A A
JAKARTA - Sastrawan legendaris Remy Sylado telah berpulang dalam usia 77 tahun. Diketahui Remy saat ini masih berada di rumah duka yakni kediamannya pribadi di Jalan Kavling PLN RT 012 RW015, Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut istri almarhum, Emmy Tambayong menjelaskan jenazah almarhum akan dimakamkan sekira pukul 11.00 siang pada Selasa (13/12/2022). Saat ini, jenazah sedang dimandikan sekaligus mempersiapkan peti mati.

”Iya rencananya itu besok jam 11 siang, di Menteng Pulo Casablanca, ada di lingkungan Gereja kan, kita kan dapet jatahnya disana,” ujar Emmy kepada wartawan, Senin (12/12/2022).

Menurut Emmy, rumah duka hanya ditempatkan di kediaman pribadinya. Meski keluarga sempat merencanakan di Carolus atau Cikini. ”Rumah duka ya di sini aja, tadinya mau di Carolus atau Cikini tapi mungkin terlalu jauh jadi ya disini aja,” katanya.

Diketahui, Remy Sylado merupakan seorang sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor, dan mantan wartawan Indonesia keturunan Minahasa, Sulawesi Utara.

Sempat berkarier sebagai aktor, ia muncul beberapa film layar populer, seperti Tinggal Sesaat Lagi (1986), drama keluarga Akibat Kanker Payudara (1987), dan drama keluarga 2 dari 3 Laki-Laki (1989), seperti dikutip dari Wikipedia.

Bahkan, ia sempat mendapatkan apresiasi dan pujian yang membuatnya mendapatkan nominasi untuk Piala Citra di Festival Film Indonesia, ketiganya sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Ia juga aktif sebagai seorang penulis yang beberapa karyanya telah diadaptasi ke layar lebar. Salah satu film populer yang pernah dibuat berdasarkan tulisannya adalah Ca-bau-kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-bau-kan: Hanya Sebuah Dosa (1999).

Remy Sylado juga mengajar beberapa perguruan tinggi di Bandung dan Jakarta, seperti Akademi Sinematografi, Institut Teater dan Film, Sekolah Tinggi Teologi. Dia seorang poliglot, menguasai banyak bahasa. Bahkan, sering berpakaian serba putih sebagai ciri khasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)