Mengenal Srikandi Petogogan, Lurah Gesit Responsif Pujian dari Pj Gubernur DKI Heru Budi

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:12 WIB
loading...
Mengenal Srikandi Petogogan, Lurah Gesit Responsif Pujian dari Pj Gubernur DKI Heru Budi
Lurah Petogogan Nina Permata bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu mendapat perhatian publik setelah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor kelurahan.

Terlebih, sosok lurah perempuan bernama Nina Permata mendapat apresiasi dari Pj Gubernur DKI Jakarta atas kebiasaanya yang gesit dan responsif dalam melayani warga.

Nina menyampaikan sebagai garda terdepan dalam pelayanan terhadap masyarakat, setiap hari dirinya selalu berkeliling bersama unsur tiga pilar untuk meninjau kondisi wilayahnya serta memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

”Saya hampir setiap hari misalnya sarapan pagi di warung warga, bertemu masyarakat dan mendengar pengaduan langsung, bertemu Pak RW dan yang lainnya atau melalui WhatsApp mendengar aspirasi mereka,” kata Nina, Kamis (8/12/2022).

Nina Permata dikenal sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan yang punya sikap disiplin diri sejak dulu. Nina diketahui selalu paling pagi masuk kantor, bahkan tak jarang pulang larut malam demi mengabdi dengan masyarakat.

Dari Awal berkarir pada tahun 2005 hingga saat ini, ia sudah ditempatkan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

”Mungkin karena rumah saya jauh di Cibubur ya jadi sudah biasa dari dulu berangkat pagi, bahkan dulu waktu di kantor Wali Kota sebagai staf saya pegang kunci,” katanya.

Kebiasaan tersebut pun terbawa ke tempat pengabdian Nina di wilayah lainnya. Pascaorientasi selama enam bulan pada awal ia berkarir di Biro Pemerintahan Jakarta Selatan, Nina kemudian ditempatkan di kantor Kecamatan Pasar Minggu.

Nina kembali ke kantor Wali Kota menjabat Subag Perekonomian, lalu menjadi sekretaris Kelurahan Ciganjur. Nina juga pernah menempati jabatan Kepala Seksi (Kasi) pemerintahan Kecamatan Jagakarsa hingga akhirnya diangkat menjadi Lurah Petogogan sejak 13 Juni 2022.

Nina mengaku bersyukur ditempatkan di Kelurahan Petogogan. Menurutnya masyarakat di wilayah itu sangat kompak, guyub dan kerjasamanya baik. Saat pertama bertugas di Petogogan, Pemkot Jaksel sedang menangani masalah banjir dan genangan.

Nina menuturkan, selama lima bulan pertama ini, dirinya pernah sebanyak dua kali menginap di kantor untuk memantau kondisi warga saat terjadi banjir. Hal itu dilakukan Nina sebagai bentuk tanggung jawabnya untuk memastikan keamanan warga Petogogan.

Selain pada pembangunan fisik, Nina bersama semua unsur terkait dan seluruh elemen masyarakat juga sukses menggelar event seni dan bazar yang dikelola secara swadaya oleh semua lapisan warga di kelurahan tersebut.

Ibu dua anak ini juga merasa bahwa berbagai pencapaian karirnya tidak terlepas dari dukungan suami dan keluarganya. Nina bisa menerapkan disiplin dan tanggung jawab terhadap pekerjaan sehingga ia merasa bahwa kantor adalah rumah kedua bagi dirinya.

”Alhamdulillah suami dan anak juga mendukung, bahkan kadang mereka pun antar jemput saya. Namanya bertugas untuk pengabdian jadi pertama mungkin kita harus amanah dan ikhlas dalam menjalankan tugas sehingga saya enjoy dalam setiap penugasan,” tegasnya.

Nina menyampaikan bahwa ia merasa punya kewajiban besar untuk turut berkontribusi bagi kemajuan kota Jakarta. Sehingga, kata Nina, di mana pun ia bekerja, sebagai ASN harus selalu siap mengikuti perintah pimpinan apalagi untuk kemajuan Jakarta.

Disinggung soal aksi inspeksi mendadak (sidak) dan blusukan yang sedang digencarkan Pj Gubernur DKI, Nina mengaku bangga saat wilayahnya dikunjungi orang nomor satu di Jakarta itu pada Jumat (25/11) lalu.

”Ya saya sangat bangga dan bersyukur wilayah kami dikunjungi Pak Pj, beliau lihat lihat pembangunan hidran mandiri di depan kantor. Saya pun mendukung blusukan seperti yang Bapak Pj lakukan karena akan lebih mendekatkan dengan masyarakat,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)