Pemkot Tangsel: Keberpihakan Presiden Jokowi pada UMKM Sangat Besar

Minggu, 04 Desember 2022 - 19:57 WIB
loading...
Pemkot Tangsel: Keberpihakan Presiden Jokowi pada UMKM Sangat Besar
Keberpihakan Presiden Jokowi kepada UMKM dinilai sangat besar. Jokowi menggandeng hampir semua kementerian untuk mengembangkan UMKM. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG SELATAN - Keberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai sangat besar. Jokowi menggandeng hampir semua kementerian untuk mengembangkan UMKM.

Beberapa kementerian dilibatkan seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta masih banyak lainnya. Hal tersebut dinilai sebagai wujud keseriusan Jokowi dalam mendorong UMKM naik kelas.
Baca juga: Era Jokowi Dinilai Surga Penguatan Ekonomi UMKM

Keberpihakan Jokowi terhadap UMKM diakui berbagai pihak, salah satunya disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Warman Syanudin.

Dia mengatakan keterlibatan menteri-menteri di kabinet Indonesia Maju mendorong peningkatan kualitas UMKM. Selain itu, Jokowi dinilai sukses merealisasikan kebijakan dan regulasi yang berpihak pada UMKM.

“Sangat bagus Presiden Jokowi dengan regulasi dan kebijakan yang ada terus memberikan kesempatan kepada UMKM dengan menggerakkan daerah-daerah dan hampir semua kementerian untuk mengembangkan produk UKM,” ujar Warman di ITB Ahmad Dahlan, Minggu (4/12/2022).

Presiden juga masif mendorong peningkatan produk-produk UMKM. Berbagai pelatihan telah direalisasikan oleh pemerintah guna membekali para pegiat UMKM agar semakin maju.

“Program pemerintah pusat terus dilakukan berbagai kegiatan untuk mendorong peningkatan produk UMKM mulai dari packaging agar lebih menarik hingga pemasaran digital,” katanya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3163 seconds (10.177#12.26)