Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Sudah 2 Kali Terbakar

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:38 WIB
loading...
Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Sudah 2 Kali Terbakar
Sejumlah petugas berada di antara reruntuhan kubah Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar, Rabu (19/10/2022). Foto: Antara/M Risyal Hidayat/YU
A A A
JAKARTA - Kebakaran kubah masjid Jakarta Islamic Center (JIC) Koja, Jakarta Utara, yang terjadi Rabu (19/10/2022) sore bukan kejadian pertama. Kebakaran serupa sudah dua kali terjadi dalam sepuluh tahun terakhir.

"Dulu tahun 2002 kubah bagian atas, tapi tidak besar. Memang ini kejadian yang paling besar," ujar Kepala JIC Muhammad Subki, Kamis (20/10/2022).

Menurut Subki, sebelum terjadi kebakaran, sedang dilakukan perbaikan atau renovasi di bagian kubah masjid utama. Perbaikan ini dilakukan melihat usia rangka kubah yang butuh perbaikan.



"Sudah pernah renovasi kecil-kecilan, sedikit-sedikit. Tapi ini yang rencananya renovasi total kubah baru kali ini, setelah kurang lebih 19-20 tahun," jelas Subki.



Renovasi kubah yang dilakukan rencananya tidak mengubah bentuk. Renovasi hanya mengubah sejumlah lapisan dan bagian atau elemen yang ada supaya semakin kokoh.

Hanya mengubah lapisan, mulai lapisan dalam, kan ada beberapa lapis ya, ada underlayer, triplek, dan sebagainya. Kita hanya mengupas lapisannya, tidak mengubah kerangkanya," Pungkasnya.

Sementara itu, dari peristiwa ini aparat kepolisian sudah mengamankan empat pekerja. Keempat pekerja tersebut masing-masing bernama Burhanudin, Nano Sumarno, Kusmayadi, dan Ardiansyah.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengatakan, mereka diamankan untuk dimintai keterangan lantaran sesaat sebelum kebakaran terjadi, keempat pekerja sedang melakukan renovasi kubah.

"Untuk saat ini sudah ada empat pekerja kita amankan ke Polres untuk dimintai keterangan. Empat orang yang saat ini sedang melakukan pekerjaan," kata Wibowo.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3039 seconds (0.1#10.140)